Apotek Miami (Minimarket Vegan)

Pusat Makanan Sehat Organik & Natural : https://shopee.co.id/minimarketvegan

MENGALAHKAN Diabetes DENGAN DIET vegAN

Tinggalkan komentar



Jane Brophy (Ahli Diet)

Peribahasa “Anda adalah apa yang anda makan” memiliki makna khusus bagi vegetarian, bahkan memiliki makna yang lebih khusus lagi bagi penderita diabetes.

Pilihan makanan bagi penderita diabetes dapat merupakan masalah hidup-mati. Diabetes dapat menjangkiti semua umur, pria maupun wanita, dan dapat mengakibatkan kebutaan, gagal ginjal, dan ganggren pada tangan dan kaki (tangan dan kaki menjadi daging mati sehingga harus diamputasi) jika tak diobati. Pola makan vegetarian sangat cocok untuk mengendalikan penyakit diabetes ini berkat gaya hidup yang menekankan kadar lemak rendah, karbohidrat tinggi, dan serat tinggi.

Diabetes menyerang lebih 30 juta penduduk dunia sehingga tubuh mereka tak dapat memproses makanan sebagaimana mestinya. Biasanya makanan dicerna dan diubah menjadi glukosa, sejenis gula yang diangkut darah ke seluruh tubuh sebagai sumber energi.  Hormon insulin membantu sel tubuh menyerap glukosa ini. Tapi penderita diabetes tak dapat mengendalikan glukosa ini sebab mekanisme mengubah glukosa menjadi energi tak bekerja sebagaimana mestinya. Insulin tidak ada, sedikit, atau tidak efektif. Sebagai akibatnya penderita diabetes yang kelebihan insulin dapat mengalami hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) yang dapat mengakibatkan kelesuan, ketidakmampuan berkonsentrasi, kehilangan koordinasi tubuh, dan kekaburan penglihatan bahkan kebutaan. Sebaliknya penderita diabetes yang kekurangan insulin karena pola makan yang salah dapat mengalami hipoglikemia (kadar gula darah rendah) yang mengakibatkan pingsan, koma, dan bahkan kematian jika tidak diobati.

Meski kedua jenis diabetes sulit diobati, namun penderita akan sangat terbantu melalui pola makan yang tepat, tablet oral, injeksi insulin, atau kombinasi ketiganya. Pola makan diabetes harus rendah lemak (khususnya lemak jenuh), tinggi karbohidrat, dan tinggi serat. Mereka wajib mengawasi makanan mereka dengan ketat dan mengkonsumsi beranekaragam jenis makanan seperti roti gandum utuh, kentang utuh (kentang dengan kulit), kacang/bean utuh (seperti kacang kedelai utuh atau kacang merah utuh) dan lentil. Selain menghitung kalori dari karbohidrat, yang terpenting adalah memastikan bahwa minimal separuh makanan berasal dari karbohidrat kompleks. Sebagian pasien yang mengikuti pola makan vegetarian (tanpa daging) melaporkan pemulihan kebugaran fisik dengan berkurangnya suntikan insulin. Secara psikologis, mereka juga merasa, mungkin untuk pertama kalinya, bahwa merekalah, dan bukan penyakit mereka, yang mengatur kehidupan mereka.

RESEP SALAD BUAH TROPIS

6 porsi

Total karbohidrat = 90 gram

Total kalori = 390

Bahan-bahan:

1 buah pisang, dikupas dan diiris

1 buah jeruk, dikupas dan diambil bijinya

1 buah jeruk bali, dikupas dan diambil bijinya

225 gram jus nanas segar alami (bukan jus nanas produksi pabrik)

60 gram buah kurma, dipotong kasar

1 buah kiwi, dikupas dan dipotong tebal

1 buah jeruk nipis, diperas

100 ml irisan tipis jahe atau air jahe

  • Tempatkan buah-buahan dalam mangkok, tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk merata.
  • Tuangkan jahe di atasnya dan langsung dihidangkan.

Source: http://www.vegsoc.org/cordonvert/recipes/diabetic.html

LIFESTYLE CENTER OF AMERICA (LCA)

Sulphur, Oklahoma – Ratusan penderita Diabetes Tipe 2 bertamasya ke pegunungan Arbuckle nan indah di Oklahoma Selatan untuk memulihkan kesehatan mereka. Mereka bergabung dengan pakar medis dan pendidik gaya hidup selama 19 hari untuk mempelajari penyebab diabetes mereka dan kiat-kiat mengurangi dampak negatif diabetes dalam kehidupan mereka.

Menyembuhkan Diabetes Tipe 2 adalah misi Lifestyle Center of America (Pusat Gaya Hidup Amerika). Diabetes Tipe 2 merupakan satu dari empat pembunuh terbesar di AS setelah penyakit jantung, hipertensi dan kegemukan. Diabetes merampas hak jutaan rakyat AS untuk menikmati kehidupan keluarga, karir, dan kehidupan pribadinya. 60% penderita diabetes tipe 2, baik wanita maupun pria, berhasil membebaskan diri dari suntikan insulin sama sekali setelah program 19 hari ini. Para peserta mengalami penurunan 20-4% gejala nyeri syaraf (neuropathy) yang menyakitkan. Separuh penderita diabetes tipe 2 berhasil terbebas dari semua obat-obatan selama program pemulihan ini dan hampir seluruh peserta berhasil mengurangi porsi obat-obatan yang sebelumnya harus mereka konsumsi.

Kesuksesan program ini terletak pada pendekatan yang membantu pasien memahami dan mengalami sendiri bagaimana perubahan gaya hidup ke arah positif mampu mencegah, meningkatkan, dan bahkan menyembuhkan penyakit ini. Dokter Franklin House, Presiden Lifestyle Center of America, mengatakan, kuncinya adalah pada pembeberan akar masalah. “Banyak orang AS yang terbiasa memasukkan pil ke mulutnya untuk memperbaiki kesehatannya. Obat memang baik untuk mengobati gejala-gejala penyakit namun obat tidak menyentuh akar masalah dari penyakit itu yang terkait dengan gaya hidup. Terlebih lagi, obat diabetes sering memiliki efek negatf yang tidak kecil.”

Pernyataan dokter Franklin House ini senada dengan pendapat mantan ahli bedah, C. Everett Koop, M.D., bahwa banyak penyakit kronis dapat dicegah dengan gaya hidup sehat. Yang belum banyak diketahui orang adalah, banyak penyakit kronis yang tak hanya dapat dicegah tapi bahkan dapat disembuhkan pada kebanyakan kasus.

LCA menggunakan prinsip-prinsip yang sudah terbukti, antara lain: pola makan yang 100% nabati, olahraga yang tepat, dan manajemen stress untuk memulihkan kesehatan dari kondisi yang berhubungan dengan diabetes. “Program ini sangat unik bila dilihat dari waktu yang dihabiskan pasien dengan pakar medis. Para pasien mengatakan pengalaman yang paling berkesan adalah perhatian mendalam dari dokter dan praktisi kesehatan profesional lainnya terhadap diri mereka. Mereka seringkali berkomunikasi empat mata selama 4 hingga 6 jam dengan dokter di sini. Waktu yang dihabiskan mereka dengan dokter di sini lebih lama dibandingkan dengan dokter manapun sepanjang hidup mereka,” imbuh dr. House.

Direktur Medis LCA, dokter George Guthrie, yakin bahwa tim medis di LCA adalah yang terbaik dan terlengkap dari yang pernah ada. “Kami mempunyai dokter, pakar gizi dan perawat. Kami juga memiliki ahli fisiologi olahraga, instruktur kebugaran, konselor, instruktur untuk belajar masak, koki, pendidik kesehatan, ahli terapi air, dan ahli pijat. Semuanya bekerjasama menciptakan program yang disesuaikan untuk setiap dan semua tamu di sini.”

Fasilitias seluas 100.000 kaki persegi (sekitar 30 hektar) ini dikelilingi hutan alami nan indah, lengkap dengan jalan setapak dan kehidupan liar alami. Juga ada areal medis dan pengobatan, pusat kebugaran dengan kolam renang tertutup (indoor), areal spa yang terpisah khusus untuk hidroterapi, dan pijat baik untuk pria maupun wanita, sauna, tempat mandi air mancur, ruang masak modern yang selalu siap digunakan, auditorium untuk pendidikan kesehatan, ruang tidur dengan ruang tamu pribadi, dan restoran yang khusus menghidangkan masakan nabati nan lezat.

Source: http://www.vegsource.com/articles2/diabetes_lca.htm

Iklan

Penulis: apotekmiami-drsatyadeng

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s