Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center (Klinik Vegan)

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Tanya Jawab ASI

7 Komentar


  • Apakah saya boleh memakai alat untuk menghangatkan susu ?

Jawab : Boleh, alat penghangat susu yang dijual dipasaran memiliki suhu 50ºC. Akn lebih praktis dan tepat tercapai suhu yang diinginkan. Namun harga yang masih mahal, sehingga tidak semua dapat menggunakannya.

  • Bagaimana bila ASI dikombinasikan dengan susu botol bila saya bekerja ?

Jawab : Anak yang masih berusia dibawah 6 bulan hanya cukup dengan ASI, tidak boleh diberikan susu botol. Jika ibu bekerja maka simpanlah ASI di dalam wadah biasa, yang bisa bertahan disuhu ruangan sampai 8 jam. Pesankan kepada si penjaga bayi agar menghangatkan ASI sebelum diberikan.

  • Apakah setelah 6 bulan saya boleh memberi susu botol ?

Jawab : Setelah bayi berusia 6 bulan sudah boleh mulai diberikan makanan tambahan seperti bubur susu. Namun ASI harus terus diberikan sampai anak berusia 2 tahun. Jika setelah 6 bulan produksi ASI berkurang maka boleh diberikan susu tambahan.

  • Saya menyusui hanya dengan 1 payudara selama 1 minggu. Dapatkah saya memakai payudara yang satunya lagi ?

Jawab : Tidak ada istilah ”susu busu” di dalam payudara ibu jika lama tidak dikeluarkan. Semua ASI yang ada adalah steril dan hygenis. Jadi bila ibu lama tidak menggunakan salah satu payudara, segera dicoba kembali apakah kelenjar susu masih dapat dirangsang untuk mengeluarkan ASI lagi.

  • Apakah salah bila anak menyusui lama sekali ?

Jawab : Ya. Jika cara menyusui ibu tepat dan benar. Mulai dari posisi, waktu dan cara, maka bayi akan merasa puas setelah menyusui 5-7 menit dan kemudian tertidur. Seingga jika bayi terlalu lama menyusui harus lebih diperhatikan lagi kenapa hal tersebut terjadi.

  • Bila tidak pakai botol, memakai apa untuk menyusukan bayi ?

Jawab : dengan memakai sendok yang disuapkan pada si bayi. Dengan gaya gravitasi botol membuat susu keluar dengan sendirinya tanpa anak berusaha mengisap. Bayi yang telah diberi susu botol biasanya enggan untuk menyusu dengan ASI kembali karena butuh usaa ekstra untuk mendapatkan ASI. Ini akan mendidik kepribadian yang manja bagi si anak dimasa yang akan datang.

  • Bagaimana cara melepasakan puting susu yang  tidak mau lepas karena anak  sakit atau tertidur ?

Jawab : Ibu harus memahami trik bagaimana melepaskan puting susu ibu tanpa si anak merasa di tolak dan ibu akan terluka jika di lepaskan secara mendadak. Masukkan satu jari menyuri bibir bayi kemudian masukkan ke dalam mulutnya. Bayi akan mengisap tangan kita sebagaimana dia mengisap puting susu ibunya. Singkirkan pelan-pelan puting susu ibu keluar mulut bayi.

  • Kenapa bayi dengan usia < 6 bulan  dapat diare bila diberi susu formula ?

Jawab : Karena susu formula tidak diserap sempurna seperti ASI.  Sehingga ia akan dikeluarkan lagi berbentuk tinja yang encer.

  • Kenapa bayi dengan usia < 6 bulan yang diberi susu botol lebih gemuk daripada yang diberi ASI ?

Jawab : Komposisi lemak, protein, Karbohidrat yang ada di dalam ASI selalu disesuaikan dengab umur si bayi. Berbeda dengan yang ada di dalam susu botol, komposisinya selalu sama karena lagi-lagi buatan pabrik. Sehingga dengan komposisi lemak, protein, karbohidrat tinggi membuat bayi gemuk. Namun bayi yang gemuk karena susu botol adalah tidak sehat dan belum tentu anak gemuk itu akan selalu sehat nantinya.

  • Apakah saya salah memberikan makan pada bayi berusia 4 bulan ?

Jawab : Pada dasarnya usus atau pencernaan bayi belum siap untuk menerima makanan padat sampai dia berusia 6 bulan. Hal tersebut dapat menyebabkan bayi diare dan bahkan mengelurkan dara saat diare.

  • ASI saja tanpa susu botol diberikan pada bayi sampai usia 6 bulan. Bagaimana bila bayi saya pertama kali lahir di RS diberi susu botol ?  Dan sekarang ASI yang keluar sedikit, apakah ASI saya dapat keluar banyak ?

  • Kenapa bayi saya tetap kuning padahal saya sudah memberi ASI dan dijemur ?

Jawab : kuning itu dapat 2 penyebab. Suatu penyakit atau bukan. Jika ibu yakin tela menyusui bayi dengan tepat dan benar juga telah menjemur bayi dengan tepat dan benar pula. Maka mungkin saja itu merupakan suatu penyakit, namun butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk mengatakan itu sebuah penyakit.

  • Saya sering minum es. Apakah saya boleh minum es bila bayi saya batuk pilek ? Apakah makanan atau minuman saya dapat menyebabkan bayi saya sakit ?

Jawab : Penyakit batuk pilek tidak dapat tertular ke bayi melalui ASI melainkan udara. Sehingga ibu yang sedang batuk pilek jika menyusui bayi harus menggunakan masker atau penutup mulut.

  • Apa yang dimaksud cegah obesitas ?

Jawab : Penelitian mengatakan bayi yang mendapatkan susu botol, memang akan gemuk. Namun kegemukan itu akan terus berlanjut sampai dia dewasa. Kegemukan (obesitas) akan berbahaya bagi diri karena merupakan salah satu faktor penyakit kardiovasculer seperti jantung, stroke, dll.

  • Bayi saya diberi ASI eksklusif dan setelah itu tidak mau diberi makanan tambahan. Kenapa ? Bagaimana cara mengatasinya ?

Jawab : yang dinamakan ASI ekslusif adalah ASI saja sampai berusia 6 bulan. Jadi ibu tidak perlu memberikan makanan tambahan untuk anak ibu jika belum berusis 6 bulan. Jika setelah 6 bulan terjadi kondisi seperti itu maka ibu dapat memberi sedikit jarak antara minum susu dan makan. Sehingga anak tidak kenyang saat diberi makanan tambahan.

————————————————————————————————————————————————-

BERAPA lama ASI tahan disimpan di freezer?

Sebaiknya ASI tak ditaruh di freezer , karena waktu dihangatkan ada beberapa kandungannya yang menurun kualitasnya. Taruhlah di chiller (tempat antara freezer dan bagian bawahnya, yang biasa untuk menyimpan keju, mentega dan sebagainya). Penyimpanan ASI bisa tahan 2-3 minggu. Bahkan, sampai sebulan ASI tak akan busuk. Yang membuat pembusukan adalah bakteri hingga terjadi fermentasi asam dan sebagainya. Kalau bakteri tak tumbuh, tak terjadi pembusukan. Bakteri tak tumbuh kalau suhunya tak sesuai. Bakteri bisa tumbuh dengan kondisi suhu udara 37 derajat Celcius. Untuk diberikan pada bayi, ASI dihangatkan dulu pakai steamer atau air hangat dalam baskom dan botolnya direndam didalamnya.

Jika ASI dimasukkan dalam botol dan ditaruh di suhu luar, berapa lama tahannya?

Tergantung seberapa bersih botolnya. Makin bersih botolnya, makin lama tahannya, bisa 4-6 jam. Tentunya untuk mengetahui terjadi tidaknya pembusukan, sebelum diberikan pada bayi harus dirasakan dulu oleh ibunya.

Apakah benar ASI yang seperti santan lebih bagus?

Soal warna dan kejernihan, jangan harapkan ASI sama putih dan bagusnya seperti susu kaleng. Bila ASI encer, keruh dan kuning, bukan berarti kualitasnya jelek. Rasa ASI juga sepet-sepet dan bayi tetap saja mengisapnya karena refleks, dia belum mengerti soal taste.

ASI tergantung pula dari apa yang dimakan ibu. Jika ibu banyak makan protein, memang warnanya agak sedikit keruh. Tapi, tak apa-apa. Dalam hal makanan, bagi ibu tak ada pantangan. Misal, tak ada kepercayaan kalau ibu banyak makan cabe nanti bayinya mencret. Yang mencret bukan bayinya tapi ibunya. Jadi, ibu boleh makan apa saja; yang manis, asin, asam, silakan.

Pada etnis Tionghoa ada tradisi makan ayam arak. Nah, seringkali ini membuat bayinya jadi kuning, begitu pula dengan jamu. Memang sebagian besar ingridient jamu masuk ke dalam ASI dan dikonsumsi pula oleh si bayi hingga menyebabkan bayi jadi kuning. Tak berbahaya tapi membuat tak nyaman bagi orang tua karena bayinya kuning.

Setelah melahirkan, kapan ASI akan keluar?

Dalam waktu seminggu. Keluarnya pun sedikit demi sedikit. Kecuali bila sudah anak ketiga, hari kedua saja sudah banyak ASI keluar. Karena biasanya kalau baru anak pertama, ibu penuh dengan kecemasan, bagaimana anaknya dan sebagainya, hingga ada ketaknyamanan. Makin nyaman ibu, makin cepat ASI keluar.

Agar ASI keluar harus diisapkan pada bayinya meskipun belum keluar dan masih kosong. Supaya banyak produksi ASI-nya, ibu harus banyak minum, sekitar 2 liter atau lebih dan makan yang sehat. Mengkonsumsi sayur katuk sebetulnya yang berpengaruh pada produksi ASI-nya adalah air katuknya. Sayurnya sendiri sebagai pengisi mineral dan zat besi yang bagus.

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan makan bayi selama ASI belum lancar keluar?

Tak perlu dipenuh-penuhi. Biarkan saja natural. Bayi selama 3 hari tak diberi makan tak akan membuatnya mati. Karena bayi lahir cukup bulan ini punya cadangan yang cukup. Jika si bayi menangis, susui saja atau lihat apakah ada yang basah. Tentu saja keyakinan ini sangat sulit diperoleh ibu, bahwa tak perlu diberikan susu formula. Umumnya orang tua menganggap bayinya menangis pasti kelaparan karena ASI-nya tak keluar. Nah, makin cemaslah orang tua dan makin beralih ke susu formula.

Apa penyebab ASI tak mau keluar?

Secara alamiah semua ASI akan keluar. Tuhan tak membedakan satu ibu dengan lainnya. Hanya saja tergantung dari keyakinan diri ibu sendiri. Jadi, harus dari awal diniatkan dan disiapkan. Misal, waktu antenatal, payudaranya diurut, putingnya kalau ke dalam ditarik. Ini bisa dilakukan sejak trimester ketiga kehamilan. Dan mulai lagi setelah hari ketiga melahirkan.

Jika ASI tak keluar sama sekali, harus didiskusikan dengan ahli kebidanannya. Bisa karena minumnya kurang banyak atau makannya, atau ibunya kurang confident karena faktor psikologi juga berpengaruh. Makin cemas, makin tak keluar ASI-nya. Itu sebab, dalam memberikan ASI harus di ruangan yang tenang, tak banyak ngobrol, boleh sambil mendengarkan musik klasik, relaks. Tentu posisi menyusui harus betul: perut bayi bertemu dengan perut ibu. Tidak asal taruh bayinya karena bisa lecet-lecet puting ibunya.

Manakah yang lebih dianjurkan, memerah ASI dengan tangan/manual ataukah dengan mesin? Bolehkah bila bayi kelaparan diberikan air putih?

Memerah dengan mesin hanya soal waktu saja yang lebih cepat dibanding manual. Pemerahan yang benar dilakukan setelah pemberian ASI secara langsung pada bayi, sampai terasa payudaranya tak lagi keras dan sudah terasa kosong, tak ada lagi yang keluar. Jadi, kalau, misal, kosongnya 200 cc, maka produksinya pun akan sebanyak itu pula.

Anak bayi itu mirip dengan anak usia setahun, perutnya kosong setelah 4-6 jam. Jadi kalau bayinya tidur tak perlu dibangunkan untuk diberikan ASI. Pemberian ASI secara langsung tak bisa diukur jumlahnya. Ukurannya cukup bila BB-nya bertambah sesuai yang diharapkan.

Pemberian air putih hanya untuk membilas sehabis menyusu, sebanyak 2-3 sendok atau sekitar 15 cc. Air putih tak bisa mengenyangkan bayi, tapi bikin kembung. Kenyang diperoleh dari kalori.

Berapa lama waktu menyusui?

Yang terbaik, kanan dan kiri masing-masing 10 menit.

Apakah ibu yang sakit berpengaruh pada kualitas ASI-nya?

Pengaruhnya itu kalau, misal, ibunya minum obat seperti obat kanker, obat diabetes, tiroid, antibiotik. Kalau obat pilek, flu, pusing, yang masuk ke ASI itu kecil sekali, hingga bisa diabaikan. Sementara kalau minum jamu, takarannya enggak jelas tapi yang masuk ke ASI terkadang banyak.

Mengapa tiap kali habis diberi susu kaleng, bayi muntah? Bagaimana kita tahu bahwa dia berkecukupan makannya?

Bayi muntah paling sering terjadi karena terlalu banyak pemberian susunya. Atau kalau sendawa ada sebagian susu yang sudah masuk keluar lagi. Cara memberikan susu juga berpengaruh. Jangan memberikan susu satu botol secara terus menerus sampai habis. Istirahatlah setiap 20-30 cc sampai bayinya sendawa, lalu teruskan lagi. Kalau bayinya sudah berhenti mengisap, jangan diteruskan. Yang penting jumlahnya, bukan pemberian satu kali itu saja.

Untuk mengetahui apakah kebutuhan susunya sudah cukup, ada dua hal. Pertama, bila ibu menyusui akan terasa ASI-nya banyak keluar. Lalu kalau dari susu botol akan tampak jumlahnya berkurang. Kedua, anaknya tidur nyenyak, misal, 3-4 jam adalah tidur yang baik buatnya. Kalau bayinya bangun dan menangis, maka mulutnya akan mencari lagi puting ibunya karena lapar. Kalau bayi tidurnya hanya sebentar-sebentar, misal, 1 jam lalu bangun, berarti pemberian susu sebelumnya tak membuatnya kenyang. Paling objektif melihat kecukupan itu dari kenaikan berat badannya kira-kira 20-15 gram per hari. Kalau seminggu rata-rata 150-200 gram dan sebulan sekitar 700-800 gram. Jadi, kalau anaknya ada pertambahan tak perlu khawatir. Timbanglah 3 kali sehari atau seminggu sekali. Kalau kenaikannya 300 gram per minggu maka terlalu banyak.

Kiat Melancarkan ASI

MENYUSUI adalah kegiatan yang sangat alamiah ketika seorang wanita baru melahirkan. Namun tidak semua wanita dapat menyusui anaknya dengan lancar, bahkan ada yang tidak bisa menyusui karena payudaranya tidak berfungsi dengan benar. Menjelang kehamilan, tubuh Anda secara alami akan mempersiapkan diri untuk menyusui. Anda pun tidak perlu repot-repot memberi perawatan ekstra.

Namun jika kulit Anda tergolong sensitif atau puting Anda tidak bisa keluar dan tersembunyi dalam payudara, Anda pun mau tak mau harus melakukan sesuatu agar si calon bayi tidak kesulitan meminum ASI dari payudara Anda.

Seperti dikutip dari eHow, ini dia tips yang bisa dilakukan sebelum bayi Anda lahir dan Anda pun dapat menyusui dengan lancar.

  1. Beri pijatan lembut dan beberapa tetes kolustrum pada bagian puting setiap harinya. Mulailah beberapa minggu sebelum Anda melahirkan.
  2. Berikan krim lanolin pada daerah di sekitar puting, lakukan beberapa kali setiap harinya untuk menenangkan daerah payudara yang terasa sakit dan melembutkan kulit setelah mulai menyusui.
  3. Usahakan agar penutup bra yang Anda gunakan khusus menyusui (nursing bra) tetap terbuka agar payudara Anda mendapat udara dan oksigen yang cukup.
  4. Jika Anda mempunyai masalah dengan puting yang masuk ke dalam payudara atau puting Anda tidak keluar menjelang melahirkan, konsultasikanlah dengan ahli laktasi.
  5. Ikuti grup-grup menyusui menjelang kehamilan Anda untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang masa-masa menyusui atau pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan sebelum melahirkan.
  6. Dapatkan buku yang bagus tentang menyusui dan bacalah menjelang kelahiran sehingga Anda akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan ketika anak Anda lahir.

Referensi :

http://www.bayisehat.com/breastfeeding-mainmenu-33/26-seputar-asi.html

Iklan

Penulis: apotekmiami-drsatyadeng

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati

7 thoughts on “Tanya Jawab ASI

  1. saya menyusui eksklusif ,skrg baby usia 8 bln sdh diberi MPASI tp kok BB nya gak naik2 pdhal mknnya gak bermasalah,sdh naik 1kg trus turun lg..knp ya dok,apa krn kualitas ASI sy jelek

    Suka

    • Iim yang baik….
      Berat badan tidak naik, karena banyak faktor. Harus dicari penyebabnya. Prinsip sesuai tumpeng gizi seimbang dengan protein dari nabati. Ada karbohidrat spt nasi, kentang, ubi, dingkong, roti , vitamin dan mineral adanya sayur-sayuran & buah-buahan, protein dari kacang-kacangan dan biji-bijian , lemak, gula, garam sedikit.

      Saran makan lebih sering 3 kali makan 3 kali ngemil.

      Utk lebih jelas silakan konsultasi dan periksa ke dokter.

      Salam sehat

      Terima kasih

      Suka

  2. ulasannya bermanfaat banget. Bisa buat nambah pengetahuan saya, izin share di facebook saya ya

    Suka

  3. Halo dok, saya Fera ibu 1 anak.. Saya mau nanya dok, kalau anak pertama saya gak kasih ASI lalu anak kedua saya berniat untuk beri ASI, apakah produksi ASI saya masih ada atau sudah kering karena anak pertama tidak pernah saya beri hisap?? Mohon balasan dari dokter ditunggu.. Terima kasih 🙂

    Suka

  4. halo dok,saya vira mau tanya soal asi.waktu bayi saya 1bulan saya kena demam,masuk angin krn menyesuaikan waktu tidur dengan bayi,saat sakit,sy tdk memberikan asi pd bayi krg lebih 1 minggu dan jg tdk saya pompa keluar.setelah sembuh sy kembali ingin memberi asi tp ternyata bayi menolak,baik diberikan secara langsung ataupun dibotol setelah dipompa,dan jumlah produksi asi jd sgt jauh berkurang yg tdnya 2kali pompa asi sy bs 180-200ml skrg untuk 5ml saja susah sekali. asi yg keluar jg agak spt lendir,lekat spt susu kental manis dan saat sy coba icip rasanya asam. mohon bantuannya dok apa yg harus sy lakukan agar asi sy bs kembali spt dulu,krn sy sangat ingin kembali memberikan asi pd bayi sy. atas bantuan dan jawaban dokter sy ucapkan terima kasih. SALAM.

    Suka

    • Dear Ibu Vira
      Salam Sehat

      tdk memberikan asi pd bayi krg lebih 1 minggu dan jg tdk saya pompa keluar ? bila ibu lama tidak menyusui, segera dicoba kembali sehingga kelenjar susu dapat dirangsang untuk mengeluarkan ASI lagi.
      asi yg keluar jg agak spt lendir,lekat spt susu kental manis dan saat sy coba icip rasanya asam ? Semua ASI yang ada adalah steril dan hygenis.

      Pemberian Asi dipengaruhi oleh faktor psikologis, di dalam hati memiliki perasaaan kasih sayang ke anak, Cobalah rileks dan yakinlah bahwa kamu bisa menyusui, pasti akan keluar,” dalam memberikan ASI harus di ruangan yang tenang, tak banyak ngobrol, boleh sambil mendengarkan musik klasik
      Asi kurang Bisa karena minumnya kurang banyak atau makannya, ibu harus banyak minum, sekitar 2 liter atau lebih dan makan yang sehat.

      Berikut ini cara meningkatkan ASI, Dirangkum dari berbagai sumber (AAP, La leche league, breastfeeding.com, WHO dll) :

      1. Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI.

      Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah / pompalah

      ASI. Ingat ! produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt prinsip

      pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin

      banyak yg ASI yg diproduksi.

      2. Kosongkan payudara setelah anak selesai menyusui.

      Bahasan ini masih terkait dg point di atas. Makin sering dikosongkan, maka produksi ASI juga makin lancar.

      3. Yg tidak kalah pentingnya : ibu harus dalam keadaan RELAKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun.

      Relaks saja ya bu. Disini sebetulnya peran besar sang ayah.

      Jika ayah mendukung maka ASI akan lancar.

      Mendukung bisa dg berbagai cara mulai dari menyemangati istri

      hingga hal2 lain spt menyendawakan bayi setelah menyusu, menggendong bayi utk disusukan ke ibunya, dsbnya.

      4. Hindari pemberian susu formula.

      Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atau takut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal

      pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung puting terutama pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan. Sehingga volume ASI makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan makin sedikit ASI yg diproduksi.

      5. Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya

      Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dg dot, maka anak dapat mengalami BINGUNG PUTING (nipple confusion). Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting seperti ketika menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah seluruh areola (bag. gelap di sekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol, hanya dengan menekan sedikit saja

      dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot dsbnya.

      6. Datangi klinik laktasi. Jangan ragu untuk menghubungi atau konsultasi dg klinik laktasi. Disana ibu dan ayah mendapatkan masukan secara teknis agar ASI tetap optimal.

      7. Ibu menyusui mengkonsumsi makanan bergizi.

      8. Lakukan perawatan payudara : Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian.

      Semoga Bermamfaat

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s