Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Efek Samping Suplemen Makanan

1 Komentar


Mengkonsumsi suplemen makanan berdosis tinggi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya bagi tubuh. Satu hal yang perlu diingat, suplemen makanan tidak diperlukan jika asupan makanan berimbang.

“penggunaan suplemen, seperti vitamin dan antioksidan, adalah gaya hidup dan bukan sesuatu yang esensial”kata Guru Besar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rianto Setiabudy.

Suplemen makanan bisa berupa mineral, serat, asam amino dan asam lemak yang dikemas mirip obat, padahal bukan obat.

Vitamin C merupakan suplemen yang paling sering dikonsumsi berlebih. Kebutuhan tubuh terhadap Vitamin C per hari adalah 90 miligram(mg), dan dapat dicukupi dari sayuran dan buah-buahan.

Di Indonesia banyak produsen menawarkan Vitamin C dengan dosis sangat tinggi, dari 500mg sampai 1000mg. Dan banyak orang yang tidak mengetahui bahaya kelebihan Vitamin C, yang dapat menyebabkan batu ginjal, nyeri lambun dan diare.

Lebih lanjut Rianto mengatakan “Tak ada bukti yang mantap bahwa Vitamin C dapat mencegah Influenza, penyakit jantung, kanker atau katarak”.

Suplemen lain yang sering dikonsumsi berlebih adalah Vitamin E, Betakarotin dan Selenium (semua termasuk Antioksidan). Banyak orang yang mengatakan bahwa Antioksidan mampu mencegah kanker, stroke, penyakit jantung dan menghambat penuaan. Padahal hingga saat ini tidak ada satu pun bukti ilmiah yang menyokong hal ini.

Kelebihan Vitamin E diatas 800mg per hari dapat menghambat agregasi trombosit hingga mudah berdarah.

Iklan

Penulis: apotekmiami-drsatyadeng

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati

One thought on “Efek Samping Suplemen Makanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s