Kesehatan Vegan – Minimarket Vegan – dr. Satyawira Aryawan Deng (Vegan / Plant-Based Diet Doctor)

Pusat Makanan Sehat Organik & Natural : https://shopee.co.id/minimarketvegan

Kedelai, kanker, dan masalah reproduksi

Leave a comment


Isoflavon Kedelai

Isoflavon adalah salah satu jenis fitoestrogen yang terdapat dalam kedelai, termasuk genistein dan daidzein. Setiap gram protein kedelai dalam makanan yang terbuat dari kedelai mengandung sekitar 3-4 mg isoflavon (Messina and Redmond, 2006). Banyak manfaat dari makanan yang terbuat dari kedelai untuk kesehatan. Hal ini berhubungan dengan fitoestrogen kedelai.

Fitoestrogen dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan hormon estrogen, namun fitoestrogen bersifat jauh lebih lemah daripada hormon estrogen (Coldham dkk, 1997). Beberapa fitoestrogen (isoflavon) diperkirakan bekerja lebih lemah sekitar 100 hingga 100.000 kali lebih lemah daripada hormon estrogen yang dibentuk tubuh secara alamiah (Messina dkk, 2006).

Fitoestrogen dapat memberikan efek normalisasi pada level estrogen tubuh (Kurzer, 2000). Jika seorang wanita memiliki level estrogen tinggi yang mungkin didapat dari pil kontrasepsi, maka fitoestrogen dapat menguranginya dengan cara mengikat pada reseptor estrogen dan menghalangi akses dari estrogen yang lebih kuat. Namun sebaliknya, ketika seorang wanita memiliki tingkat estrogen yang rendah, seperti pada wanita pasca-menopuase, maka sifat lemahnya fitoestrogen dapat mengembalikan estrogen dalam tubuh menjadi lebih normal dan dapat meringankan gejala menopause.

Makanan dari kedelai dapat mengurangi resiko kanker payudara. Tidak ada bukti bahwa kedelai memberi efek buruk terhadap pertumbuhan dan kesehatan reproduksi manusia. Tidak ada bukti yang menyatakan bahwa kedelai mengganggu kesuburan atau mengubah perkembangan seksual pada manusia.

Dr. Susianto, MKM

Doktor gizi, konsultan gizi RS. Royal Progress Jakarta dan Klinik Gizi HBM Jakarta Barat (Artikel dari Majalah Prevention, edisi November 2011)

Advertisements

Author: satyadeng

I. Dokter Umum (Dokter Vegan / Plant-Based Diet) II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati VIII. Minimareket Vegan : Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s