Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center (Klinik Vegan)

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Kandungan Nutrisi Lemon

Tinggalkan komentar


Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.

Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Beberapa kultivarnya antara lain ‘Eureka’, ‘Lisbon’ dan ‘Meyer’.

Manfaat kesehatan dari lemon

Lemon banyak mengandung nutrisi yang banyak bermanfaat untuk kesehatan. Buah ini rendah kalori, 29 kalori per 100 g, salah satu yang terendah di antara kelompok jeruk.

Lemon tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, namun kaya akan serat makanan (7,36% dari RDA). Lemon adalah salah satu buah yang sangat rendah glikemik.

Rasa asam adalah karena asam sitrat. Kadar asam sitrat lemon mencapai 8% dalam jus. Asam sitrat adalah pengawet alami, membantu pencernaan. Studi menemukan bahwa asam sitrat membantu melarutkan batu ginjal.


Lemon, seperti buah jeruk lainnya, merupakan sumber yang sangat baik dari asam askorbat (menyediakan sekitar 88% dari DRI). Asam askorbat atau vitamin C adalah anti-oksidan alami yang dapat larut dalam air. Vitamin ini membantu dalam mencegah penyakit kudis. Selain itu, konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menyaring pro-inflamasi radikal bebas dari darah.

Lemon, seperti jeruk, mengandung berbagai phytochemical. Hesperetin, naringin, dan naringenin adalah flavonoid glikosida biasanya ditemukan dalam buah jeruk. Naringenin ditemukan memiliki efek bio-aktif terhadap kesehatan manusia sebagai antioksidan, penyaring radikal bebas, anti-inflamasi, dan modulator sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga telah terbukti mengurangi cedera oksidan pada DNA dalam studi sel-sel in-vitro.

Lemon juga mengandung sejumlah kecil vitamin A, dan beberapa anti-oksidan flavonoid lainnya seperti α, dan ß-karoten, beta-cryptoxanthin, zea-xanthin dan lutein. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir dan kulit sehat dan juga penting untuk penglihatan. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan flavonoid membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Jumlah nilai ORAC, yang mengukur kekuatan anti-oksidan dari 100 g jus lemon segar adalah 1.225 umol TE.

Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, pyridoxine, dan folates. Vitamin ini sangat penting dalam arti bahwa tubuh membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk mengisi tubuh.

Jeruk lemon juga mengandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Buah jeruk lemon telah lama dihargai karena sifat mereka yang sehat bergizi dan antioksidan. Hal ini ditetapkan secara ilmiah bahwa buah jeruk, terutama lemon dan jeruk, berdasarkan kekayaan mereka dalam vitamin dan mineral, memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah terbukti. Selain itu, kini mulai dihargai bahwa unsur biologis aktif lainnya, senyawa non-nutrisi yang ditemukan dalam buah jeruk seperti antioksidan phyto-kimia, dan serat makanan larut serta tidak larut yang membantu dalam pengurangan risiko kanker, penyakit kronis lainnya seperti arthritis, obesitas dan penyakit jantung koroner.

Daily Values

Daily Values (based on a 2000 calorie diet)

 

Legend:
Fat Protein Carbs
Alcohol Other
Good points
Bad points
Lemon (Citrus limon)
Nilai Nutrisi per 100 g
(Sumber: USDA National Nutrient data base)
Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energy 29 Kcal 1.50%
Carbohydrates 9.32 g 7%
Protein 1.10 g 2%
Total Fat 0.30 g 1%
Cholesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 2.80 g 7%
Vitamins
Folates 11 µg 3%
Niacin 0.100 mg 1%
Pantothenic acid 0.190 mg 4%
Pyridoxine 0.080 mg 6%
Riboflavin 0.020 mg 1.50%
Thiamin 0.040 mg 3.50%
Vitamin C 53 mg 88%
Vitamin A 22 IU 1%
Vitamin E 0.15 mg 1%
Vitamin K 0 µg 0%
Electrolytes
Sodium 2 mg 0%
Potassium 138 mg 3%
Minerals
Calcium 26 mg 3%
Copper 37 µg 4%
Iron 0.60 mg 7.50%
Magnesium 8 mg 2%
Manganese 0.030 mg 1%
Zinc 0.06 mg 0.50%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 3 µg
Carotene-α 1 µg
Crypto-xanthin-β 20 µg
Lutein-zeaxanthin 11 µg
Lycopene 0 µg
Iklan

Penulis: apotekmiami-drsatyadeng

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s