Kesehatan Vegan – dr. Satyawira Aryawan Deng

Makanan Sehat, Kacang-Kacangan, Biji-Bijian, Buah Kering, Organik, Natural, MPASI, Grosir & Eceran : https://www.tokopedia.com/kesehatanvegan & https://shopee.co.id/minimarketvegan

Cara mudah mengobati & Mencegah Melasma

Leave a comment


Apakah Melasma itu?

Melasma adalah pigmentasi kulit yang berlebihan, tidak teratur dan berwarna coklat muda sampai kehitaman di wajah.

Apakah Penyebab Melasma ?
Melasma dapat disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil, minum pil KB, bahan-bahan kosmetik / obat-obatan tertentu, keturunan dan sinar matahari ( radiasi ultra violet ). Sinar matahari di samping menyebabkan vlek ( melasma ) juga mempercepat proses penuaan kulit berupa kulit kering serta keriput.

Bagaimana Mencegahnya ?

  1. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. ( Memakai payung, topi, baju lengan panjang, dan lain-lain ).
  2. Memakai krim tirai sinar matahari ( sunscreen ).

Apakah yang Harus Anda Ketahui Sebelum Pengobatan?

Pengobatan vlek-vlek hitam memerlukan banyak waktu dan usaha. Oleh karena itu jangan menghentikan pengobatan terlalu dini, sebab krim / lotion ini memerlukan waktu untuk mencapai lapisan kulit yang paling dalam, dimana pada lapisan tersebut khasiatnya baru mulai bekerja. Diperlukan waktu 3 – 4 minggu sebelum efek pertama dari pengobatan menjadi nyata dan diperlukan sampai 10 minggu untuk penyembuhan.

Bagaimanakah Pengobatan Melasma ?

Untuk pengobatan melasma tersedia lotion vlek / lotion pemutih & empat jenis krim ( krim malam I, krim malam II, krim pagi, krim tirai sinar matahari ). Oleskan krim-krim dan lotion pada vlek / kulit yang ingin diputihkan, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Cara Memakai Krim
1. Malam hari ( paling lambat 1 jam sebelum tidur )

  • Kulit muka dibersihkan dengan lotion pembersih / cleansing
  • Oleskan lotion pemutih di daerah yang tebal vlek-nya ( tunggu sampai kering )Catatan : Lotion vlek baru dipakai setelah dua minggu pemakaian krim. Bila tidak ada keluhan, lotion vlek dapat dipakai di seluruh wajah kecuali kelopak mata dan leher.

2. Pagi hari ( setelah mandi pagi )

  • Bersihkan wajah dengan lotion pembersih / cleansing
  • Oleskan krim pagi (tunggu sampai kering ± 5 menit )
  • Oleskan krim tirai sinar matahari

Pastikanlah bahwa seluruh kulit telah tertutup dengan krim tirai sinar matahari. Pemakaian krim tirai sinar matahari merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pengobatan vlek hitam.

 3. Sore hari ( setelah mandi sore )

Bila akan keluar rumah pada sore hari maka setelah mandi bersihkan wajah dengan lotion pembersih / cleansing dan cukup oleskan krim tirai sinar matahari. Setelah mengering, anda dapat memakai bedak atau make up seperti biasa.
Setelah pulang atau tidak ada kegiatan keluar lagi, bersihkan wajah dengan lotion pembersih dan lakukan prosedur pemakaian krim malam.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

  1. Hindari kontak antara krim / lotion dengan selaput lendir mata, sudut mata, jaringan yang terlalu dekat dengan sudut bibir dan lubang hidung.
  2. Pakai obat secukupnya, jangan berlebihan. Pemakaian yang berlebihan tidak akan memperoleh hasil yang lebih baik dan lebih cepat, melainkan dapat terjadi kemerahan, penglupasan yang berlebihan atau gangguan lainnya yang tidak perlu terjadi.
  3. Khasiat penyembuhan krim-krim dan lotion ini akan muncul segera setelah beberapa hari pengobatan. Pada tempat yang diobati mungkin timbul sedikit kemerahan dan bersisik pada kulit yang bersifat sementara. Anda mungkin merasa sedikit panas, banyak mengeluarkan keringat sehingga tidak dapat memakai make up secara merata. Anda tidak perlu khawatir jika merasakan hal itu. Bila pemakaian obat diteruskan, gejala ini akan menghilang dengan sendirinya setelah kulit anda mampu menyesuaikan diri terhadap obat tersebut. Dalam keadaan demikian, tidak boleh membersihkan wajah dengan kain kasar atau digosok terlalu keras, karena kulit muda anda sedang tumbuh sehingga mudah lecet.
  4. Berat ringannya efek kemerahan dan bersisik, tidak sama pada setiap orang, tergantung jenis kulit yang dimiliki. Biasanya kulit yang makin putih tersebut makin sensitif atau peka. Bila anda tidak tahan dengan kemerahan dan bersisiknya kulit, yang diikuti perasaan terbakar yang mungkin timbul, maka anda harus mengurangi pemakaian krim malam I, krim malam II dan krim pagi menjadi dua hari sekali. Bila dengan cara ini masih belum teratasi anda harus menyampaikan kepada dokter. Selanjutnya akan diajarkan cara baru penggunaan krim atau mengganti dengan krim yang cocok / lebih sesuai.
  5. Bila dalam 24 jam setelah pengobatan terjadi kemerahan disertai rasa gatal yang hebat pada kulit, segeralah konsultasi ke dokter.
  6. Pakailah krim tirai sinar matahari dan dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari yang berlebihan atau radiasi ultra violet, terutama selama minggu-minggu pertama pengobatan.
  7. Apabila tingkat pemutihan yang dikehendaki telah tercapai, pergunakanlah krim malam dan krim pagi seperlunya, untuk memelihara hasil pengobatan ( cukup seminggu dua kali ), sedangkan krim tirai sinar matahari harus tetap dipakai setiap hari .
  8. Penggunaan krim dan lotion ini bersamaan dengan obat-obatan luar lainnya, kosmetik yang merangsang, lotion cukur dan lain-lain, harus dihindarkan kecuali atas anjuran dokter.
  9. Selama pengobatan, gunakan sabun bayi saat mandi.

Author: satyadeng

I. Dokter Umum (Dokter Vegan / Plant-Based Diet) II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati VIII. Minimareket Vegan : Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s