Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center (Klinik Vegan)

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Penyebab jerawat pada pria

Tinggalkan komentar


Serangan jerawat memang tidak pandang bulu dan dapat menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria pada usia berapa pun. Namun terkadang, jerawat yang muncul di kulit pria tidak selalu sama dengan jerawat pada kulit perempuan. Apa penyebabnya?

“Pada perempuan, biasanya jerawat muncul pada saat pre menstrual syndrome (PMS), di mana terjadi perubahan hormon estrogen dan progesteron. Sedangkan masalah jerawat pada pria bukan disebabkan oleh pola hormonal,” ungkap Dr Hengky Affandi, SpKK dari Klinik Estetika Jakarta.

Menurutnya ada tiga faktor yang menyebabkan munculnya jerawat pada pria. Berikut beberapa penyebabnya:

Stres

Peningkatan stres dapat merangsang kelenjar-kelenjar sebasea pada kulit memproduksi lebih banyak sehingga memicu pembentukan jerawat. Stres juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada. Selain itu, mereka yang mengalami stres juga cenderung menekan-nekan sendiri jerawatnya sehingga memicu peradangan terjadi lebih hebat.

Pola Tidur

Stres juga dapat menimbulkan masalah baru, yaitu insomnia sehingga waktu tidur Anda menjadi tidak teratur atau bahkan kurang. Padatnya aktivitas serta kebiasaan begadang juga memperparah keadaan. Padahal waktu terbaik untuk tidur adalah pukul 22.00 – 05.00 WIB. Pada waktu tersebut kulit kita akan melakukan recovery untuk merangsang pembentukan sel-sel kulit baru dan memperbaharui sel-sel kulit mati. Dengan demikian, komedo dan jerawat dapat dicegah.

Makanan

Memang tidak ada pantangan untuk mengonsumsi makanan tertentu asalkan masih dalam jumlah yang wajar, namun perlu diketahui bahwa respons tubuh setiap orang akan berbeda. Misalnya, ada yang mengaku di kulitnya muncul jerawat setelah mengonsumsi telur, kacang atau gorengan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu mengontrol makanan yang dikonsumsi serta mengetahui jenis makanan apa yang tidak cocok untuk kulit Anda. Selain itu juga akan lebih baik untuk mengurangi konsumsi junk food dan makanan berlemak lainnya.

Untuk mencegah jerawat, hal pertama yang dapat dilakukan adalah menghadapi stres dengan baik. Jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam perasaan stres yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan serta kondisi kulit Anda.

Atur manajemen waktu Anda agar dapat menikmati waktu istirahat dari aktivitas yang padat, serta usahakan tidur lebih awal secara rutin. Selain itu, perhatikan makanan yang akan dikonsumsi agar dapat mengurangi risiko munculnya jerawat.

Penulis:

Claralisa Fusheriness

Iklan

Penulis: apotekmiami-drsatyadeng

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s