Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Penelitian usus vegan dan vegetarian secara signifikan kurang mampu membuat TMAO dari karnitin sehingga bermanfaat kesehatan jantung

Tinggalkan komentar


Para peneliti Amerika Serikat telah menemukan hubungan baru yang mengejutkan antara daging merah dan risiko jantung yang melibatkan bakteri yang hidup dalam usus.

Bakteri usus mencerna L-karnitin, suatu senyawa yang berlimpah dalam daging merah dan ditambahkan ke minuman energi populer, untuk menghasilkan trimetilamina-N-oksida (TMAO), suatu metabolit yang sudah diduga berkontribusi menyumbat arteri.

Penelitian sebelumnya yang telah mengaitkan konsumsi daging merah dengan peningkatan risiko kardiovaskular, sementara kenaikan risiko itu akibat lemak dan dan kolesterol dalam daging merah, namun keduanya tidak cukup untuk menjelaskan semua itu.

Para peneliti telah menunjuk faktor-faktor lainnya, seperti perbedaan genetik, diet tinggi garam, yang sering dikaitkan dengan konsumsi daging merah, dan bahkan cara daging dimasak.

Tapi ini penelitian terbaru, yang dipimpin oleh Stanley Hazen dari Klinik Cleveland di Ohio, dan diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, menawarkan hubungan baru antara daging merah dan risiko jantung.

Hazen adalah kepala bagian Kardiologi Preventif & Rehabilitasi di Miller Family Heart and Vascular Institute di Klinik Cleveland.

Pada tahun 2011, para peneliti melaporkan sebuah studi di mana mereka menghubungkan TMAO untuk mempromosikan aterosklerosis (di mana arteri tersumbat oleh kolesterol dan senyawa lemak lainnya) pada manusia.

Dalam studi terbaru ini, Hazen dan rekan menemukan bakteri usus manusia mengubah L-karnitin menjadi TMAO.

Mereka juga menemukan bahwa diet tinggi L-karnitin mendorong pertumbuhan bakteri yang memetabolisme, sehingga meningkatkan produksi TMAO yang bahkan lebih menyumbat arteri.

Hazen, yang juga Wakil Ketua Translational Research for the Lerner Research Institute di Klinik Cleveland mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan kita ditentukan oleh pola diet jangka panjang kita. Diet tinggi karnitin sebenarnya menggeser komposisi mikroba usus  mereka yang menyukai karnitin, membuat pemakan daging lebih rentan terhadap pembentukan TMAO dan dampaknya menyumbat arteri.”

Para peneliti juga menemukan bahwa usus vegan dan vegetarian secara signifikan kurang mampu membuat TMAO dari karnitin, yang dapat menjelaskan manfaat kesehatan jantung dari diet mereka, demikian dilansir MedicalNewsToday.

Dalam wawancaranya dengan BBC, Hazen mengatakan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam daging merah tidak terlalu tinggi, tetapi ada hal lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Eksperimen pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa bakteri dalam perut dapat mengonsumsi karnitin. Karnitin dihancurkan menjadi gas yang oleh hati dikonversi menjadi kimia bernama TMAO.

Pada penelitian, TMAO terkait erat dengan simpanan lemak di pembuluh darah, yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan kematian, Hazen mengatakan TMAO kerap tidak dipedulikan. “TMAO mungkin produk sampah tetapi ia memengaruhi metabolisme kolesterol dengan signifikan dan efeknya adalah penumpukan kolesterol. Temuan ini mendukung gagasan bahwa makan lebih sedikit daging merah lebih baik,” tandasnya.

Referensi :  http://www.go4healthylife.com/articles/6548/1/Mengapa-Daging-Merah-Berbahaya-untuk-Jantung-Ini-Alasannya/Page1.html

Iklan

Penulis: apotekmiami-drsatyadeng

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s