Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center (Klinik Vegan)

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Tempe “super food”

Tinggalkan komentar


Jika membandingkan 100 gram tempe dan daging, protein dalam tempe ternyata sebanding dengan protein dalam daging ternak. Tempe juga mengandung zat besi 10 miligram, sementara daging kambing hanya 1 miligram. Daging sapi 2,8 miligram dan daging ayam 1,5 miligram.

“Jadi, 10 kali lebih banyak dibanding daging kambing, 4 kali lebih banyak dibanding daging sapi, dan 7 kali dari daging ayam,” imbuhnya.

Kekurangan zat besi umumnya dapat menyebabkan anemia atau rendahnya kadar Hb dalam darah. Terkait vitamin B12 yang disebut-sebut hanya ada pada daging, ditepis Susianto.

Berdasarkan penelitiannya, kandungan B12 juga ada pada tempe, bahkan dua kali lipat dibanding daging. Tempe kering mengandung 5,9 mikrogram vitamin B12. Sementara daging sapi hanya 3 mikrogram.

Sekjen Asian Vegetarian Union (AVU) itu mengemukakan, tempe yang dibuat dari kedelai dengan fermentasi jamur rhizopus oligosporus tersebut juga bisa menjadi obat antidiare. Harga tempe yang relatif murah juga menjadi keuntungan tersendiri.

“Di luar negeri, Jepang misalnya, harga tempe mahal dan masuk hotel bintang lima. Karena di sana makanan ini sangat dihargai dan masyarakatnya mengerti kandungannya. Kalau di sini malah dianggap murahan,” ujar dia.

Akibat tempe, Susianto akhirnya bisa berkeliling dunia memenuhi undangan seminar dan konferensi untuk mempromosikan bahan pangan bergizi tinggi ini. Bahkan, mendapatkan julukan
”Doktor Tempe” oleh dosen, senior, dan koleganya di kampus. Tidak hanya tempe, menurut dia, makanan yang berasal dari nabati lainnya juga mengandung gizi yang tak kalah banyak dari produk hewani.

Kandungan protein pada kedelai misalnya, ada sebanyak 34 persen, kacang hijau 24 persen, sementara daging hanya 18 persen.

Lalu siapa bilang susu sapi merupakan sumber kalsium paling bagus? Kalsium pada susu sapi hanya terkandung sebanyak 118 miligram. Yang terbanyak terdapat pada wijen yang mencapai 1.160 miligram, yang berarti 10 kali lipat susu sapi. Ya, wijen ini biasa menjadi taburan pada kue onde-onde.

Referensi:  Dr. Susianto MKM

Iklan

Penulis: apotekmiami-drsatyadeng

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kesehatan Vegan Kuartet Nabati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s