Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Tanya Jawab


Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan ??

Bila Anda mengatakan bahwa daging merugikan kesehatan, bukankah tumbuhan juga disemprot dengan pestisida?

Sebaliknya justru pestisida merupakan ancaman serius bagi konsumen daging, Daging mengandung residu pestisida yang jumlahnya lebih tinggi daripada pestisida yang ditemui pada sayuran dan tidak bisa dibersihkan atau dihilangkan melalui proses pencucian seperti layaknya pada sayuran. Hal tersebut terjadi karena pestisida telah menyatu dengan jaringan lemak hewan-hewan yang memakan tumbuhan yang disemprot pestisida tersebut. Inspeksi yang dilakukan GAO (General Accounting Office) AS menemukan 143 jenis obat dan pestisida dalam daging. 42 di antaranya merupakan senyawa pemicu kanker, 20 jenis dapat mengakibatkan kecacatan bayi dalam kandungan, dan 6 jenis penyebab mutasi.

“ bagaimana mengatasi masalah pestisida dalam sayur dan buah. Mereka tidak pernah mengangkat masalah pestisida dalam daging sapi, ayam, ikan, telur, dan produk-produk susu. Padahal makanan hewani mengandung pestisida sembilan kali lebih tinggi dan tak seorang pun menyadarinya.” —Harvey Diamond

Bukankah kita membutuhkan protein?

Masalah kita yang sebenarnya sekarang ini adalah terlalu banyak protein, bukan kekurangan protein. Hampir semua makanan yang Anda makan mengandung protein, kecuali Anda hanya memakan junk food setiap harinya. Masih banyak sumber-sumber protein yang lebih sehat, misalnya tahu, tempe, roti gandum, oatmeal, kacang-kacangan, jamur, brokoli dan lain-lain. Sebaliknya terlalu banyak protein, khususnya protein hewani dapat menyebabkan timbulnya kebocoran kalsium melalui air seni yang akan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain itu terlalu banyak protein juga dapat memperberat kerja ginjal, yang akhirnya menyebabkan penyakit ginjal.

Bukankah manusia bisa saja tetap makan daging dan tetap sehat?

Sistem pencernaan manusia sangat fleksibel dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Tentu saja manusia bisa mengonsumsi sedikit daging dan tetap sehat. Tetapi bukankah tanpa daging sama sekali justru manusia bisa hidup dengan kesehatan prima? Sangat tidak pantas rasanya hanya untuk memuaskan sepotong lidah tetapi kita ikut andil dalam pengusakan planet ini serta menyebabkan kesakitan dan kematian atas jutaan hewan setiap tahunnya.

Apa yang akan terjadi pada hewan ternak seperti ayam dan sapi jika semua orang bervegetarian? Bukankah mereka terus berkembang biak? Bukankah dunia ini akan penuh hewan ternak jadinya?

Sangat tidak mungkin apabila seluruh umat manusia dapat berhenti memakan hewan hanya dalam semalam. Penambahan jumlah vegetarian dengan sendirinya akan menurunkan permintaan daging di pasaran. Sejalan dengan hal itu, jumlah hewan yang diternak pun akan menurun secara bertahap. Dengan demikian, para peternak akan mulai berhenti mengembangbiakkan ternaknya dan beralih kepada aktivitas pertanian ataupun perdagangan lainnya. Lagipula cepatnya perkembangbiakkan hewan ternak tidak lepas dari penggunaan bahan-bahan kimia dan obat-obatan. Tanpa penggunaan obat-obatan tersebut, pertumbuhan hewan ternak tidaklah secepat itu.

Katanya orang vegetarian lebih pendek dan kurus dari pemakan daging, benarkah hal ini?

Pertumbuhan tinggi dan kuatnya seseorang tidak dipengaruhi vegetarian atau tidak. Jika pola makan mereka seimbang, vegetarian ataupun tidak dapat tetap tumbuh dengan tinggi dan kuat. Anda dapat melihat bahwa hewan-hewan besar seperti gajah, jerapa, sapi, dan lain-lain hanya makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Mereka lebih kuat dari karnivora, sangat jinak, dan bermanfaat bagi manusia. Sebaliknya hewan pemakan daging sangat buas dan tidak berguna. Bangsa Eskimo selalu makan daging, apakah mereka lebih tinggi dan kuat? Tentu tidak! Bahkan penelitian menunjukkan bahwa umur rata-rata orang Eskimo pendek.

Hewan toh juga membunuh untuk makan. Apa salahnya bila kita juga membunuh ayam atau sapi untuk dimakan?

Hewan yang membunuh hewan lainnya tidaklah mempunyai pilihan lain. Mereka harus membunuh makanannya untuk bertahan hidup. Tetapi manusia berbeda. Manusia bisa memilih membunuh sapi untuk dimakan dagingnya atau memilih makan nasi, tempe, sayur,dan buah-buahan. Lagipula mengapa kita harus mengacu pada hewan dalam hal ini, bukankah kita menganggap hewan karnivora seperti singa, harimau, dan buaya sebagai hewan bengis karena membunuh. Mengapa pula kita meniru sifat-sifat buas tersebut? Bukankah kita manusia lebih “berakal budi” dan lebih tinggi derajatnya dari hewan?

Bukankah tumbuhan juga bisa merasa sakit, dan Anda telah menyiksanya dengan memakan mereka?

Tidak ada alasan untuk percaya bahwa makhluk hidup yang tidak memiliki sistem saraf bisa merasa sakit. Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa tumbuhan tidak memiliki sistem saraf. Berbeda dengan manusia dan hewan yang memiliki sistem saraf yang serupa, bahkan ikan sekalipun. Hal tersebut dapat terlihat dengan jelas ketika seekor sapi dan seorang manusia yang kesakitan jika tersayat pisau. Bila Anda cukup jujur terhadap hati nurani Anda, Anda dapat langsung membandingkan bagaimana perasaan Anda saat melihat seekor sapi yang meronta-ronta dan menangis dalam proses penjagalannya dibandingkan dengan melihat sepotong wortel yang sedang dicincang. Tetapi ketiadaan saraf pada tumbuhan juga bukanlah alasan bagi kita untuk mengeksploitasi dan memperlakukan tumbuhan sesuka kita. Sudah menjadi kewajiban kita pula untuk menjaga keseimbangan alam ini dengan baik, bukan mengeksploitasinya untuk keuntungan kita sendiri.

Bukankah para peternak memberikan kandang yang melindungi ternaknya dari cuaca yang buruk dan predator? Bahkan diberi makan dan minum. Apakah kondisi demikian tidak lebih baik dari kehidupan di alam liar?

Di masa lalu pedagang budak berargumen bahwa orang yang mereka perbudak lebih baik menjadi budak di masyarakat yang beragama dan berbudaya daripada memiliki kemerdekaan di hutan belantara yang kurang berbudaya. Apakah Anda menyetujui hal itu? Peternak mengatakan hewannya lebih menyukai makan tiga kali sehari daripada hidup di alam liar. Padahal istilah “liar” merupakah proyeksi manusia atas daerah yang asing baginya. Liar menurut manusia tidaklah berarti liar bagi hewan di sana. Justru itulah rumah mereka. Tidak logis bila kita berargumen manusia melindungi ternaknya dari predator. Justru kitalah predatornya! Bahkan manusia lebih buruk daripada predator di alam karena dengan segala “akal budinya” manusia dapat menciptakan sistem pengembangbiakan yang bahkan jauh lebih menyiksa hewan-hewan tersebut dalam waktu yang lama sampai akhirnya mereka dibunuh.

Tetapi tetap saja manusia tak bisa menghindari kenyataan dia melakukan pembunuhan secara sengaja. Bukankah petani membunuh hama dengan sengaja untuk melindungi hasil taninya. Lalu apa bedanya membunuh sapi untuk dimakan dengan membunuh hama untuk melindungi tanaman yang akan kita makan?

Katakanlah semua metode “tanpa kekerasan” untuk menghadapi hama sudah tidak efektif. Tidak ada lagi cara untuk menghalau mereka tanpa mencelakakan mereka. Tetapi tetap saja ada perbedaan jelas antara melindungi diri dan perbuatan yang secara sengaja menyebabkan kelahiran makhluk hidup (misalnya sapi) dan kemudian dibunuh untuk memuaskan nafsu lidah serta kebiasaan makan daging. Katakanlah sekarang saya membunuh bakteri di dalam mulut saya untuk melindungi gigi saya dari kerusakan, apakah menurut Anda perbuatan ini sama dengan membunuh seekor sapi? Seorang manusia waras tidak akan menyamakan perbuatan ini dengan pembunuhan di rumah jagal serta kekejaman industri ternak. Hewan dikebiri tanpa pembiusan, paruh dan cakar dipotong dengan mesin supaya mereka tidak saling mematuk, anak-anak ayam jantan dibunuh dengan disegel dalam kantong plastik dan dibiarkan mati lemas. Sapi-sapi muda dibiarkan kelaparan supaya dagingnya empuk, dan lain sebagainya.

Saya tidak membunuh hewan yang dagingnya saya makan.

Anda memang tidak membunuhnya, tapi mungkin Anda tidak sadar bahwa Anda menyewa penjagal untuk membunuh mereka. Penjagal berjualan daging karena adanya permintaan terhadap daging. Ketika membeli daging, itu sudah berarti pembunuhan dilakukan atas permintaan dan dibiayai dengan uang Anda.

Bukankah kita adalah makhluk omnivora yang makan tumbuhan dan juga hewan?

Omnivora adalah predikat yang diberikan setelah melihat pola hidup manusia yang umumnya juga memakan hewan disamping tumbuhan. Tetapi pada dasarnya sudah banyak penelitian-penelitian yang membuktikan bahwa struktur organ pencernaan manusia mulai dari mulut sampai ke usus lebih cocok untuk menjadi pemakan tumbuh-tumbuhan

referensi :

http://www.infovegetarian.net/vegan/pertanyaan-paling-sering-ditanyakan.htm

Vegetarian: Untuk maksud keanggotaan IVU, veganisme dianggap termasuk vegetarianisme. Vegetarianisme didefinisikan sebagai praktek tidak makan daging, unggas, ikan, ataupun produk sampingannya, dengan ataupun tanpa penggunaan dairy atau telur.

Sering dibagi-bagi lagi menjadi OVO-LACTO dan LACTO. Vegetarian mungkin atau mungkin tidak mencoba untuk meminimalisasikan penggunaan hewan yang bukan untuk makanan seperti vegan.

Ovo-Lacto Vegetarian: seperti VEGAN, tetapi juga makan telur dan produk susu. Ini adalah bentuk vegetarian yang paling ‘populer’.

Lacto Vegetarian: sama seperti VEGAN, tetapi juga makan produk susu.

Veggie — panggilan pendek untuk seorang VEGETARIAN; sering mencakup pula VEGAN.

Vegetarian ketat: asalnya berarti vegan, sekarang bisa berarti vegan atau vegetarian.


Istilah ‘Vegetarian‘ diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris.

Kata ini berasal dari Bahasa Latin ‘vegetus’, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup; (jangan dihubungkan dengan ‘vegetable-arian’ – mitos manusia yang diimajinasikan hidup seluruhnya dari sayur-sayuran tetapi tanpa kacang, buah, biji-bijian, dan sebagainya!)

Sebelum tahun 1847, mereka yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai ‘Pythagorean’ atau mengikuti ‘Sistem Pythagorean’, sesuai dengan Pythagoras ‘vegetarian’ dari Yunani kuno.

Definisi asli dari ‘vegetarian’ adalah “dengan atau tanpa telur atau produk dairy” dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang. Bagaimanapun juga, kebanyakan vegetarian di India tidak memasukkan telur ke dalam diet mereka, seperti juga mereka dari tanah Mediteranian klasik, sebagai contoh Pythagoras.

Mengapa menjadi seorang vegetarian?

Jika anda punya kesempatan untuk menyelamatkan satu kehidupan – atau ribuan kehidupan – tidakkah anda akan melakukannya? Tidak menggunakan produk hewani dalam hidup anda adalah sesuatu yang cukup sederhana yang bisa anda lakukan, dengan efek yang besar. Manusia telah berevolusi begitu tinggi, dengan begitu banyak kelebihan… tidakkah seharusnya kita menggunakan salah satu kelebihan kita, kasih sayang, untuk menyelamatkan binatang lain?
– Lise

kirimkan jawaban lebih banyak!


Definisi dari istilah-istilah lain yang membingungkan

Semi-Vegetarian: Memakan lebih sedikit daging dari pada orang rata-rata. Lihat juga PSEUDO-VEGETARIAN.

Pseudo-Vegetarian: Mengaku sebagai vegetarian, tetapi bukan. Sering digunakan oleh para VEGETARIAN untuk mendeskripsikan SEMI-VEGETARIAN, dan PESCETARIAN.

Pescetarian: Sama dengan VEGETARIAN, tetapi juga mengkonsumsi ikan. (sering merupakan orang yang menghindari teknik-teknik ‘peternakan pabrik’…)Lihat juga PSEUDO-VEGETARIAN.

Fruitarian: Sama dengan VEGAN, tetapi hanya makan makanan yang tidak membunuh tumbuhan tersebut (apel bisa dipetik tanpa membunuh pohonnya, sedangkan wortel tidak dapat).

Konsumen Sayuran: Berarti siapapun yang mengkonsumsi sayuran. Tidak selalu seorang VEGETARIAN.

Herbivora: Sebagian besar makan rumput atau tumbuh-tumbuhan. Tidak selalu VEGETARIAN.

Pemakan-tumbuhan: Sebagian besar makan tumbuhan. Not necessarily a VEGETARIAN.

Pemakan bukan-daging: Tidak makan daging. Sebagian besar definisi tidak menganggap ikan, unggas, ataupun makanan laut sebagai daging. Lemak dan minyak hewan, tulang, dan kulit tidak dianggap sebagai daging.

Kosher: Dibuat sesuai dengan peraturan diet Yahudi yang kompleks. Tidak menunjukkan VEGAN dalam kasus apapun. Tidak menunjukkan OVO-LACTO VEGETARIAN dalam kasus apapun. Bahkan produk KOSHER mengandung produk susu mungkin mengandung beberapa tipe hewan yang tidak dianggap ‘daging’.

Pareve/Parve: Salah satu kategori dalam peraturan diet KOSHER. Dibuat tanpa daging dan produk susu ataupun hasil-hasilnya. Telur dan ikan termasuk pareve, kerang-kerangan tidak.

Nondairy: Presentase lemak susu yang dikandung tidak cukup untuk disebut dairy. Dapat mengandung susu atau hasil-hasil susu.

Tanpa daging: Dibuat tanpa daging. Dapat mengandung telur, susu, dan keju. Kadang-kadang bahkan mengandung lemak hewan, makanan laut, ikan, unggas.

Apakah Makrobiotik itu?

dari seorang anggota ivu-sci:
Menurut tulisan Donna Secker dan Stanley Zlotkin dalam Essentials of Human Nutrition, “diet makrobiotik terdiri dari nasi dengan kulitnya, kacang-kacangan serta sayuran dengan sedikit makanan terfermentasi, biji-bijian, dan buah-buahan; tanpa konsumsi produk hewani” (saya kurang pasti dengan bagian terakhir – saya pikir ikan diperbolehkan dalam diet macrobiotic).
Penulis memperingatkan bahwa “anak-anak yang mengkonsumsi diet makrobiotik, hubungan yang telas telah terlihat antara diet, masukan nutrisi, fakta fisik dan biokimia kekurangan beberapa nutrisi termasuk didalamnya zat besi, vitamin B12, vitamin D, serta riboflavin. Tingkat pertumbuhan yang lebih lambat dan dilaporkan timbulnya penyakit-penyakit gizi seperti rakhitis, kwashiorkor serta anemia.

Vegan: tidak memakan daging binatang (daging merah, unggas, ikan, dan makanan laut), produk hewani (telur dan susu), dan biasanya tidak mengkonsumsi madu dan tidak menggunakan atau memakai produk hewani (kulit, sutra, wol, lanolin, gelatin…).

Masyarakat vegan utama seluruhnya tidak mengijinkan madu, tetapi beberapa “vegan” tetap menggunakannya. Beberapa “vegan” juga menolak untuk makan produk ragi.

Vegan diet: mengikuti cara makan vegan, tetapi tidak selalu mencoba untuk tidak memakai manfaat bukan makanan dari hewan.

Mengapa Vegan?

VEGANISME dapat didefinisikan sebagai suatu cara hidup yang ingin mengeluarkan, sejauh yang masih mungkin dan masih bisa dilaksanakan, segala bentuk dari eksploitasi, serta kekejaman terhadap, binatang untuk makanan, pakaian, dan maksud-maksud lain.

Dalam istilah diet vegan mengacu pada praktek membuang penggunaan *semua* hasil hewani – termasuk daging, ikan, unggas, telur, susu hewan, madu, dan hasil-hasilnya.

Kemualan terhadap kekejaman yang melekat pada peternakan susu, ternak, dan unggas mungkin adalah satu alasan terutama akan adopsi dari veganisme, tetapi banyak juga yang tertarik padanya untuk kesehatan, lingkungan, spiritual, dan alasan-alasan lainnya.

“Tanah, energi, dan sumber air yang digunakan untuk peternakan berkisar antara 10 hingga 1000 kali lebih besar daripada apa yang dibutuhkan untuk menghasilkan makanan nabati dengan jumlah yang sama. Juga, peternakan tidak hanya *menggunakan* sumber daya ini, melainkan *menghabiskannya*.

Semua ini terlihat dalam sejarah. Kebanyakan dari permukaan tanah dunia, erosi, kehabisan air tanah, serta pembabatan hutan — faktor-faktor yang saat ini mengancam dasar sistem makanan kita — adalah hasil dari bentuk produksi makanan yang destruktif ini” (Keith Akers, p. 81, “A Vegetarian Sourcebook”, 1989).

Kata-kata yang sering digunakan:

Vegan: tidak mengkonsumsi daging binatang (daging, unggas, ikan, dan makanan laut), produk hewani (telur dan susu), dan biasanya tidak mengkonsumsi madu dan pemakaian serta penggunaan produk hewani (kulit, sutra, wol, lanolin, gelatin…). Masyarakat vegan utama seluruhnya tidak mengijinkan madu, tetapi beberapa “vegan” tetap menggunakannya.

Vegetarian ketat: asalnya berarti vegan, sekarang bisa berarti vegan atau vegetarian. Vegetarian murni: sama dengan vegetarian ketat.

Bagaimanakah “vegan” diucapkan?

Kata vegan diciptakan oleh Donald Watson pada tahun 1940-an. Dibaca “vee-gun”. Ini adalah pengucapan yang paling umum di Inggris sekarang. Tidak ada yang bisa berkata pengucapan ini “salah”, maka ini juga adalah pengucapan yang secara politik benar.

Di US, pengucapan yang umum adalah “vee-jan” dan “vay-gn” dan juga “vee-gn”, walaupun Masyarakat Vegan America mengatakan bahwa pengucapan yang benar adalah yang sama dengan pengucapan di Inggris.

Inggris, US, dan tempat-tempat lain memiliki pengucapan yang berbeda-beda. Kadang-kadang ini adalah subjek yang sensitif, maka siaplah untuk merubah pengucapan anda…

Sedikit sejarah

Berikut ini adalah kata-kata Donald pada masa-masa awal (1945):

‘Vegetarian’ dan ‘Fruitarian’ telah dihubungkan dengan masyarakat yang memperbolehkan ‘buah’ dari sapi dan unggas, maka kita harus membuat sebuah kata yang baru dan sesuai… saya telah menggunakan judul ‘Berita Vegan’. Jika kita mengambil kata ini, diet kita akan segera dikenal sebagai diet vegan dan kita akan naik pangkat sebagai vegan.

Ada berapa vegetarian di dunia – atau, berapa presentase populasi dunia yang vegetarian?

Pertanyaan yang tak terjawab, sebagian karena tidak semua orang setuju mengenai apa yang mereka hitung, dan karena survey yang baik menghabiskan uang… tetapi lihat: Statistik / Berapa Banyak Vegetarian dari Indeks Artikel untuk beberapa survey yang sudah dilakukan.

Untuk detil mengenai IVU Member Societies, Organisasi Pendukung, serta Patron, lihat Anggota IVU. Kami tidak menyediakan detil dari pendukung individu.

Bagaimana dengan madu?

Lebah biasanya terbunuh dalam produksi madu, dan kasus terburuknya adalah seluruh sarang hancur jika pemelihara lebah tidak ingin melindungi mereka selama musim dingin. Tidak seluruh peternak lebah melakukannya, tetapi praktek umum adalah yang sesuai dengan sikap bahwa mahluk hidup hanyalah *material* dan tidak mempunyai nilai hakiki sendiri selain nilai komersil yang dapat kita peras dari mereka. Inseminasi artifisial melibatkan kematian lebah jantan juga menjadi norma untuk generasi baru ratu-ratu lebah. Metode yang disukai untuk mengumpulkan sperma lebah adalah dengan cara mecabut kepala lebah tersebut. Pemenggalaan leher lebah mengirim sinyal elektrik kepada sistem syaraf yang kemudian menghasilkan rangsangan seksual. Setengah ke bawah badan lebah tak berkepala ini lalu ditekan untuk membuatnya ejakulasi. Cairan yang dihasilkan dikumpulkan dalam alat semprot injeksi.

dan gula?

Beberapa gula bersih menggunakan arang tulang sebagai penghilang warna. Di Inggris gula Tate, Lyle, dan Billingtons bebas dari bahan-bahan hewani. British Sugar, dijual sebagai Silver Spoon (supplier terbesar Inggris) menyatakan bahwa gula putih produksi mereka adalah vegan, tetapi tidak dapat mejamin gula coklatnya karena mungkin saja arang tulang telah digunakan oleh supplier mereka. Tidak ada data tersedia mengenai gula di negara-negara lain.

apel?

Di Inggris apel Washington yang merah berkilat dilapisi oleh shellac, sejenis resin yang dihasilkan serangga.

pisang kering?

Banyak yang dicelup dalam madu. Di Inggris sering hal ini tidak dicantumkan di label.

roti?

Beberapa produsen roti meminyaki loyangnya dengan lemak hewan. Jika anda menggunakan produksi dari bakeri lokal tanyakan kepada mereka dengan apa mereka meminyaki loyangnya. Di Inggris Allied Bakeries (produsen Allinson wholemeal) menyatakan bahwa mereka hanya menggunakan minyak sayuran.

sereal?

Di Inggris semua produk Kellogg’s tidak sesuai untuk vegan karena ditambahkannya vitamin D3 (berasal dari hewan). Di US beberapa jenis sereal Kellogg’s adalah vegan, cereal Kellogg’s Nutri-Grain (hanya jenis gandum polos) adalah sumber vegan vitamin B12 yang baik. Berhati-hatilah, karena jenis almond-kismis mengandung glycerin yang berasal dari hewan.

kripik (chips kentang)?

Banyak produsen menggunakan air dadih sebagai pembawa rasa. Hubungi kelompok vegan lokal anda untuk mengetahui kripik mana yang vegan.

– yang lain?

Jika produsen dapat memasukkan bagian dari hewan dalam produknya, ada kemungkinan mereka akan. Belajarlah untuk menjadi pembaca label makanan yang teliti dan hindari produk-produk yang tidak mempunyai label yang benar kecuali anda tahu benar bahwa produk tersebut cocok untuk vegan. Belilah produk dari perusahaan yang memberitahukan pendiriannya dalam produk-produk hewani. Cari perusahaan etis vegan dan dukunglah mereka jika mungkin.

Beberapa jenis makanan memiliki nomor “E” terdaftar dalam bahan bakunya, tanpa menyebut sumber dari nomor E tersebut. Yang harus dihindari termasuk:

  • 120 – cochineal
  • 542 – phosphate tulang
  • 631 – sodium 5′-inosinate
  • 901 – beeswax
  • 904 – shellac
  • 920 – L-cysteine hydrochloride

Nomor Un:
calcium mesoinositol hexaphosphate, lactose, sperm oil, spermaceti

Mungkin berasal dari hewan:
101, 101a, 153,
203, 213, 227, 270, 282,
302, 322, 325, 326, 327, 333, 341a, 341b, 341c,
404, 422, 430, 431, 432, 433, 434, 435, 436, 470, 471, 472a, 472b, 472c, 472d, 472e, 473, 474, 475, 476, 477, 478, 481, 482, 483, 491, 492, 493, 494, 495,
570, 572,
627, 635

Nomor Un:
calcium hepatonate, calcium phytate, diacetin-glyceryl, glyceryl diacetate, glyceryl triacetate, glycine, leucine, monoacetate, monoacetin, oxystearin, triacetin dan penambah rasa apa saja yang tidak dispesifikasikan.

Apakah coklat mengandung produk hewani?

dari seorang pembaca di US:
kebanyakan coklat tidak vegan. Kebanyakan coklat mengandung air dadih, padatan susu dan gula halus. Walaupun begitu, tetap ada harapan, terdapat coklat batangan dan kue coklat “sumber tropis”. Bisa didapat di kebanyakan toko makanan kesehatan. Newmans juga memproduksi coklat vegan atau “hampir” vegan. [catatan: di Inggris: Plamil, dan beberapa merek coklat vegan lain bisa didapat di toko-toko kesehatan].

Apakah kembang gula vegetarian?

– jawaban ditunggu

Apakah gula vegetarian/vegan?

Beberapa jenis gula halus menggunakan arang tulang sebagai penghilang warna. Di Inggris gula produksi Tate dan Lyle dan Billingtons bebas dari bahan-bahan hewani. British Sugar, diperdagangkan sebagai Silver Spoon (supplier Inggris terbesar) menyatakan bahwa gula putih mereka adalah vegan tetapi mereka tidak dapat menjamin gula coklatnya karena arang tulang mungkin saja digunakan oleh supplier mereka. Saat ini tidak ada data mengenai gula di negara-negara lain.

Apakah sirup mapel vegetarian/vegan?

Ya, gosip mengatakan bahwa sirup mapel mengandung lemak babi. Yes, rumours abound about maple syrup containing pork fat. The US vegan society has checked all known sources and found that they are all suitable for vegans.

Apakah vegan mengkonsumsi ragi?

dari pembaca di Spanyol:
Ya. Ragi termasuk dalam kelompok organisme yang sama dengan jamur. Berikut ini adalah definisi dari kamus:
fun·gus (fnggs) n., pl. fun·gi (fnj, fngg) atau fun·gus·es. Semua organisme eukariotik dalam kingdom Fungi, tidak memiliki klorofil dan jaringan pembuluh darah, berbentuk mulai dari satu sel sampai badan filmantous hyphae yang bercabang-cabang yang sering mempunyai badan khusus untuk berbuah. Termasuk dalam kingdom ini adalah ragi, jamur, jamur hangus, dan cendawan.

Adakah marsmallow vegan?

Ya, dari perusahaan bernama Emes yang terletak di Lombard, IL, USA. Telepon: (708) 627-6204. Pada bungkusnya tertulis gelatin, tetapi bukan dari hewan. Kebanyakan “gelatin kosher” bukan vegetarian (biasanya terbuat dari tulang rawan ikan atau dari otoritas rabbi yang tidak terlalu ketat dan memperbolehkan gelatin biasa (edisi “Kashrus” baru-baru ini mempunyai artikel mengenai gelatin kosher)). Gelatin kosher Emes terbuat dari carrageenan (dan anda bisa membeli gelatin Emes secara terpisah).

Dapatkah saya makan di tempat fast food seperti McDonalds atau Taco-Bell?

Sayang sekali tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan ini. Kebanyakan perusahaan memperbolehkan toko-toko individu untuk memutuskan sebagian dari menu mereka, atau bahan-bahan yang digunakan. Secara umum, anda harus:

  1. Minta bulket informasi nutrisi. Bertanya kepada pekerja mungkin tidak cukup.
  2. Jika di dalam makanan yang dipertanyakan terdapat elemen yang tidak diinginkan, tanyakan apakah bagian tersebut bisa digantukan, atau dihilangkan seluruhnya.
  3. Isilah sebuah kartu komentar, jika anda pikir menu mereka tidak memiliki pilihan yang cukup. Jika perusahaan tersebut menerima cukup banyak kompentar semacam ini, mereka mungkin memutuskan untuk melakukan tindak lanjut.
  4. Taco-Bell tidak lagi menggunakan lemak babi di dalam makanannya.

Apakah vegetarian/vegan diperbolehkan makan makanan laut?

Siapapun ‘boleh’ memakan apapun yang ia suka. Bagaimanapun juga, standar definisi dari vegetarian dan vegan tidak mencakup ikan ataupun makanan laut lainnya.
Ada sebagian orang yang makan ikan dan secara salah menyebut diri mereka ‘vegetarian’, tetapi ini tidak sesuai dengan definisi yang umumnya digunakan

referensi :

http://www.ivu.org/faq/index.html

Iklan

13 thoughts on “Tanya Jawab

  1. pada kelompok vegetarian tidak mengonsumsi makanan hewani/ protein hewani

    jadi pertanyaanya, apa resiko masalah kesehatan yang di alami kelompok vegetarian tersebut….

    Suka

  2. Kalau saya ud berhenti menyususui 1bln, bisa ga kalau saya mau kasi asi lg? Asi masi ada, tapi cm setetes2 aja. Mst makan ap supaya ad lg asi ny y?

    Suka

    • Dear Ibu Novvy yg baik
      Jika sdh berhenti menyususui 1bln, bisa ga kalau saya mau kasi asi lg? kalau sudah pernah berhenti menyusui selama 1 bulan sulit utk Asi bisa keluar lagi.

      makanan membantu asi : daun katuk, kacang hijau, dll
      tambahan dari segi Psikologi : seorang ibu yg memberikan asi dg penuh kasih sayang, dan ransangan sedotan bayi pada puting susu akan membuat Asi keluar.

      Semoga bermamfaat.
      salam sehat dan bahagia

      Suka

  3. Dalam Al-Qur’an telah tersirat keistimewaan ASI, Para Pakar/Ahli Medis, Para Ulama dan Semuanya telah sepakat bahwa ASI adalah yang terbaik. Namun pertanyaan saya,Jika ASI memang yang terbaik mengapa masih ada perbedaan antara ASI dari ibu yang satu dengan yang lainnya sehingga anaknya pun memiliki tingkat kekebalan yang berbeda pula,hal ini mungkin berarti perlu adanya standarisasi ASI? Namun Jika ada Standarisasi ASI,malah menjadi masalah baru yaitu bisa menjadikan ummat/segolongan orang yang menjadi saudara sesusuan.Kedua,Mengapa imunisasi dengan injeksi diperuntukkan bagi bayi,mengapa tidak diinjeksikan kepada Ibunya sebelum atau sesudah melahirkan (menyusui) karena seorang ibu (orang dewasa) lebih kuat sistem daya tahan tubuhnya?
    Dalam Al-Qur’an dan Hadits disebutkan tentang ASI, Madu, Herbal dan sebagainya yang saat ini telah dikenal secara umum, namun satu hal yang mungkin belum terungkap yaitu pada surah An-Nahl ayat 66 tentang susu binatang ternak yang bersih (tidak terkontaminasi) sehingga mudah dicerna bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Bukankah Teknologi saat ini sangat canggih? Bahkan partikel atom yang terkecil pun dapat dikenal baik manfaatnya?
    SELAMAT MENGKAJI, BERSAMA KITA WUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT SECARA ALAMI
    BAROKALLAHU FIIK
    MOH.ZAINUR ROSYIDI
    JL.KH.ZAINAL ARIFIN NO.32 PANDIAN SUMENEP MADURA
    081230000080-087752000080-087750200080-081953777758

    Suka

  4. Hallo Muksin, FAQ ini apakah sumbernya dari booklet Hiduplebihmulia?
    kami mau ijin copy untuk modul pelatihan ya…tks

    Suka

  5. Dear Pun,
    Sebnrnya daging itu akan ada rasanya jika ” dibumbui” oleh sesuatu, sedangkan bumbunya itu notabene adalah dari sayuran juga…. Jadi kalu dibilang daging adalah enak, maka perlu dipertanyakan yang enak adalah bumbunya atau dagingnya??? Bagaimana dgn rasa daging yang tanpa dibumbui?? ini yang perlu kita ubah Mindset kita….
    Jadi yang kita perlukan adalah makanan yang SEHAT, bulkan makanan yang lezat…
    Biasanya makanan enak / lezat tidakk sehat, dan sebaliknya makanan sehat biasanya tidak enak…..
    Sekarang tgl kita pilih mau enak atau mau SEHAT??
    Terima kasih telah mengisi di blog kita.

    salam,
    Miami

    Suka

  6. bagaimana kalau makanan yg dijual dilingkungan kita kurang bervariasi? jadinya makan yang itu2 juga, jadinya kan bosan…
    kadang kalau lagi ngga enak badan, lidah juga suka minta yang aneh2, biasanya paling enak makan daging..

    Suka

  7. makanan apa yang dianjurkan untuk penderita glukoma? mhn dibalas ya makasih

    vinsensius s.trihartana72@yahoo.co.
    http://trihartana72@yahoo

    Suka

    • Dear Visensius S

      Salam veggie, Anjuran untuk penderita glaukoma

      + Minum obat teratur sesuai yang diresepkan
      + Kontrol teratur
      + Konsumsi makanan yang sehat
      + Olahraga teratur
      + Hindari stress
      + Menggunakan pelindung mata yang sesuai

      Kondisi kesehatan Diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan hypotiroidism dapat meningkatkan faktor resiko glaukoma. Begitupun dengan konsumsi Penggunaan kortikosteroid lama & kopi secara rutin. Untuk kita harus menghindari faktor resiko ini, dengan pola hidup sehat (selengkapnya, utk makanan faktor resiko ini silakan baca pd masing2 kategori tsb)
      Sebaiknya obat yang telah diberikan dokter digunakan dengan patuh, karena obat – obat tersebut bertujuan untuk mengontrol tekanan bola mata agar keadaan mata tidak bertambah buruk. Belum ditemukan jenis makanan tertentu (buah ataupun sayur) yang dapat mengobati glaucoma. Untuk menjaga tekanan mata disarankan menghindari makanan yang banyak mengandung garam.

      Berikut ini penjelasan tentang glaukoma
      Glaukoma adalah kerusakan penglihatan yang biasanya disebabkan oleh meningkatnya tekanan bola mata. Meningkatnya tekanan di dalam bola mata ini disebabkan oleh ketidak-seimbangan antara produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata, sehingga merusak jaringan-jaringan syaraf halus yang ada di retina dan di belakang bola mata.

      Glaukoma adalah penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia setelah katarak. Diperkirakan 66 juta penduduk dunia sampai tahun 2010 akan menderita gangguan penglihatan karena glaukoma. Kebutaan karena glaukoma tidak bisa disembuhkan, tetapi pada kebanyakan kasus glaukoma dapat dikendalikan.

      Faktor Resiko GLAUKOMA
      Glaukoma bisa menyerang siapa saja. Deteksi dan penanganan dini adalah jalan satu-satunya untuk menghindari kerusakan penglihatan serius akibat glaukoma. Bagi Anda yang beresiko tinggi disarankan untuk memeriksakan mata Anda secara teratur sejak usia 35 tahun.

      Faktor resiko:
      1. Riwayat glaukoma di dalam keluarga.
      2. Tekanan bola mata tinggi
      3. Miopia (rabun jauh)
      4. Diabetes (kencing manis)
      5. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
      6. Migrain atau penyempitan pembuluh darah otak (sirkulasi buruk)
      7. Kecelakaan/operasi pada mata sebelumnya
      8. Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu lama
      9. Lebih dari 45 tahun

      Penanganan GLAUKOMA
      Meskipun belum ada cara untuk memperbaiki kerusakan penglihatan yang terjadi akibat glaukoma, pada kebanyakan kasus glaukoma dapat dikendalikan.
      Glaukoma dapat ditangani dengan obat tetes mata, tablet, tindakan laser atau operasi yang bertujuan untuk menurunkan/menstabilkan tekanan bola mata dan mencegah kerusakan penglihatan lebih lanjut. Semakin dini deteksi glaukoma maka akan semakin besar tingkat kesuksesan pencegahan kerusakan penglihatan.
      Obat Tetes Mata
      Obat tetes mata glaukoma adalah bentuk penanganan yang paling umum dan paling awal diberikan oleh dokter mata Anda. Obat tetes mata glaukoma harus digunakan sesuai dengan petunjuk dokter.

      Dokter mata Anda akan merekomendasikan obat tetes mata glaukoma yang paling sesuai untuk Anda dan memonitor kondisi mata Anda. Ada kalanya dokter mata Anda perlu mengganti jenis maupun dosis obat tetes glaukoma sesuai dengan perkembangan kondisi mata Anda.

      Laser Trabeculoplasty (LTP)
      Laser Trabeculoplasty (LTP) adalah prosedur laser yang biasanya digunakan untuk menangani glaukoma sudut-terbuka. Ada kalanya Anda tetap perlu melanjutkan penggunaan obat tetes mata glaukoma sesudah Laser Trabeculoplasty.

      Operasi Filtrasi Mata (Trabeculectomy)
      Bila obat-obatan atau prosedur laser tidak dapat mengendalikan tekanan pada mata Anda, maka akan dilakukan tindakan operasi untuk membuat saluran baru yang akan memudahkan cairan mata keluar dari mata.

      Semoga bermamfaat dan sehat selalu.

      Muksin Deng

      Suka

  8. bagaimana cra kita mengatasi nafsu mkn kita terhadap daging?

    Suka

    • salam vegetarian sehat selalu,pertamanya:vonny harus bisa merasakan betapa kasihan hewan yg masih hidup seperti kita itu di sembelih,dia juga saudara sendiri sama seperti kita punya mata,hidung,mulut masa vonny teganya makan saudara sendiri,iya toh?yg kedua,daging itu tdk sehat,karena telah byk di berikan suntikan hormon dan obat kimia lainnya maka bila nafsu makanmu besar terhadap daging akan terjdilama kelamaan penyakit akan datang menghampirimu.dan yg ketiga,jika vonny berpikir daging itu proses pengolahannya tdk bersih/hegienis maka pelan2 nafsu makanmu akan berkurang pada daging pasti teratasi dengan sendirinya.semoga bermanfaat bagimu. SALAM SEHAT ATUNG BOGOR CITY.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s