Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Kadar Trigliserida Darah Tinggi ?


Tanya:

3 bulan yang lalu, saya periksa darah, hasilnya trigliserida saya tinggi (425 mg/dL, kadar normal < 200 mg/dL).  bagaimana cara menurunkan Trigliserida ?

Jawab

kadar trigliserida yang tinggi harus diturunkan karena risiko yang ditimbulkan dapat merugikan. Keluhan tidak enak badan, tidak segar, adalah keluhan awal pada kadar trigliserida yang tinggi. Kadar yang tinggi dalam jangka waktu lama akan berakibat buruk, yaitu dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah yang terjadi di otak dapat berakibat stroke, dan jika terjadi di jantung dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Langkah pertama menurunkan kadar trigliserida darah adalah dengan mengatur makan. Pola makan yang dianjurkan adalah rendah kalori dan lemak (termasuk rendah kolesterol). Untuk praktisnya yaitu mengurangi makanan yang berlemak atau berminyak misalnya daging yang bergajih, makanan yang digoreng (krupuk, gorengan, dll), mentega, santan. Jika asupan karbohidrat tinggi, sebaiknya dikurangi jumlahnya. Cara yang paling mudah mengurangi asupan karbohidrat yaitu dengan meningkatkan asupan serat (sayur). Sensasi kenyang harus didapatkan pada saat makan, dan sensasi yang dirasakan adalah sama jika dibandingkan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat saja atau karbohidrat dan sayur.

Yang termasuk dalam bahan makanan sumber karbohidrat selain nasi adalah mi, bihun, roti, ubi, singkong, kentang dan oatmeal.. Asupan karbohidrat tetap diperlukan oleh tubuh sebagai sumber kalori, selain itu di dalam bahan makanan sumber karbohidrat juga terdapat serat, protein, vitamin dan mineral.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s