Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Kolesterol Tetap Tinggi ?


Saya baru-baru ini melakukan pemerikasaan laboratorium, hasilnya nilai kolesterol darah saya di atas batas normal. Padahal selama sebulan ini saya sudah mengganti minyak untuk menggoreng dengan minyak bebas kolesterol, karena pada pemeriksaan sebelumnya kolesterol saya tinggi.  Yang ingin saya tanyakan mengapa sudah mengganti minyak goreng dengan yang non-kolesterol, kadar kolesterol darah saya masih tinggi?


Jawab:

Pertama-tama kita harus memahami bahwa kolesterol adalah keluarga lemak. Kolesterol dibentuk dari karbohidrat dan lemak yang dimakan. Pada keadaan normal tubuh membentuk kolesterol kira-kira 1 g/hari dengan konsumsi rata-rata 0.3 g/hr. Tubuh senantiasa mempertahankan kadar kolesterol darah dalam batas normal (150 – 200 mg/dl) dengan cara mengatur pembentukan kolesterol tubuh.  Oleh sebab itu jika konsumsi lemak tinggi, kadar dalam darah akan meningkat.

Kolesterol adalah lemak yang berbetuk seperti lilin dan hanya dijumpai pada jaringan manusia dan hewan.  Artinya semua minyak atau lemak yang berasal dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol.  Sehingga, tidak berarti konsumsi makanan yang “bebas kolesterol” dalam jumlah banyak akan aman bagi tubuh.  Makanan yang tergolong “rendah atau non-kolesterol” bisa saja mengandung tinggi lemak, bahkan lemak yang “tidak sehat” yaitu lemak jenuh atau lemak trans.  Konsumsi makanan kemasan dengan label “rendah lemak”, juga bukan berarti bisa dikonsumsi dengan bebas.  Karena jika makanan kemasan yang “rendah lemak” tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka artinya tubuh mendapat suplai lemak yang tidak sedikit.  Alhasil, kadar kolesterol darah tetap tinggi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s