Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center (Klinik Vegan)

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Menghitung Energi Dari Makanan


Sebuah pola makan “seimbang” berasal dari persentase kalori yang tepat dari setiap kelompok energi nutrisi. Pada pola makan khas Amerika masa kini terdapat sekitar 40% kalori yang berasal dari lemak (jumlah yang terlalu tinggi), sekitar 45% dari karbohidrat (jumlah yang terlalu rendah), dan sekitar 15% dari protein (sedikit terlalu tinggi). Dengan mengingat kepadatan energi dari lemak, CHO dan protein (9, 4 dan 4 kkal/gr), Anda bisa membaca label makanan yang mengandung komposisi nutrisi dan menghitung berapa banyak sumbangan persentase dari setiap energi nutrisi pada kandungan kalori.

CONTOH:Sebuah label makanan tertera kandungan Karbohidrat sebanyak 2 gram (gr), 2gr Protein dan 1gr Lemak pada setiap sajiannya. Berapa banyak kkal yang terkandung pada setiap sajian dan berapa jumlah sumbangan persentase yang diberikan oleh setiap jenis nutrisinya?

JAWABAN:

2gr CHO @ 4 kkal/gr = 8 kkal dari CHO

2gr Protein @ 4 kkal/gr = 8 kkal dari Protein

1gr Lemak @ 9 kkal/gr = 9 kkal dari Lemak

Sekarang tambahkan: 8 + 8 + 9 = 25 kkal per sajian (INGAT – TAMBAHKAN KALORI, BUKAN GRAM). SEKARANG SETIAP KKAL NUTRISI DIBAGI DENGAN TOTAL KKAL KEMUDIAN KALIKAN DENGAN 100 UNTUK MENDAPATKAN JUMLAH PERSENTASENYA:

8/25 X 100 = 32% kkal dari CHO

8/25 X 100 = 32% kkal dari Protein

9/25 X 100 = 36% kkal dari Lemak

UNTUK PEMERIKSAAN KEMBALI, TAMBAHKAN KETIGA PERSENTASE DI ATAS, DAN HASIL SEHARUSNYA ADALAH 100%.

Iklan

One thought on “Menghitung Energi Dari Makanan

  1. Makanan nuget,bakmi,bakso,mie ayam,gorengan,gado-gado,nasi pecel,soto,risoles,mie goreng,brownis,pisang coklat,roti bakar,pentol bakar,roti isi sebutkan nilai energinya!!!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s