Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center (Klinik Vegan)

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Sistem Limfatik


Sistem limfatik adalah suatu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Limfa (bukan limpa) berasal dari plasma darah yang keluar dari sistem kardiovaskular ke dalam jaringan sekitarnya. Cairan ini kemudian dikumpulkan oleh sistem limfa melalui proses difusi ke dalam kelenjar limfa dan dikembalikan ke dalam sistem sirkulasi.

Fungsi sistem limfa yaitu:

  1. Mengembalikan cairan & protein dari jaringan ke sirkulasi darah
  2. Mengangkut limfosit
  3. Membawa lemak emulsi dari usus
  4. Menyaring dan menghancurkan mikroorganisme untuk menghindarkan penyebaran
  5. Menghasilkan zat antibodi
Referensi :

Pengertian Sistem limfatik dan Fungsinya

Sistem limfatik adalah jaringan berbentuk tabung di sepanjang tubuhnya yang mengalirkan cairan (disebut getah bening) dari jaringan dan bermuara kembali ke dalam aliran darah. Peran utama dari sistem limfatik termasuk mengelola tingkat cairan dalam tubuh, menyaring bakteri, dan jenis perumahan bagi sel darah putih. Getah disaring melalui limpa, timus dan kelenjar getah bening sebelum dikosongkan ke dalam darah.

 

Menjaga keseimbangan cairan

Pembuluh darah cenderung meresapkan cairan ke dalam jaringan di sekitarnya. Sistem limfatik mengalirkan lepas cairan ekstra untuk menghentikan jaringan dari mengisap naik. Kaki khususnya rentan terhadap bengkak.

 

Pembuluh limfatik

Pembuluh limfatik berselang-seling diseluruh tubuh, kecuali untuk sistem saraf pusat. Beberapa pembuluh limfatik memiliki katup (mirip dengan katup dalam pembuluh darah), yang menghentikan getah bening dari berjalan kembali dengan cara yang salah.

Pengertian Sistem limfatik dan Fungsinya
Pengertian Sistem limfatik dan Fungsinya

Limpa

Limpa adalah di dalam perut, tepat di bawah diafragma. Ini adalah salah satu organ penyaringan darah. Serta menghilangkan mikroba, limpa juga menghancurkan sel-sel darah merah tua atau rusak.

Timus

Timus adalah di dalam tulang rusuk, tepat di belakang tulang dada. Ini adalah organ penyaringan lain darah, yang berisi banyak sel darah putih yang disebut limfosit.

Kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening ditemukan di berbagai titik di sekitar tubuh, termasuk tenggorokan, ketiak, dada, perut dan pangkal paha. Semua terletak dekat dengan arteri. Bakteri dijemput dari jaringan oleh getah bening terjebak dalam kelenjar getah bening. Sel darah putih yang disebut limfosit kemudian dapat menyerang dan membunuh bakteri. Inilah sebabnya mengapa kelenjar getah bening Anda cenderung membengkak jika Anda mengalami infeksi. Virus dan sel-sel kanker juga terjebak oleh kelenjar getah bening.

Masalah umum

Beberapa masalah umum dari sistem limfatik meliputi:

  1. Demam kelenjar – gejala termasuk kelenjar getah bening lembut
  2. Penyakit Hodgkin – jenis kanker dari sistem limfatik
  3. Edema – bengkak akibat terlalu banyak cairan di jaringan
  4. Tonsilitis – infeksi amandel di tenggorokan.

Hal yang perlu diingat

  1. Sistem limfatik mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh.
  2. Bakteri dan mikroba lainnya diambil oleh getah bening dan dikirim ke kelenjar getah bening untuk kehancuran.
  3. Limpa dan timus adalah organ yang menyaring darah.

Ringkasan

Sistem limfatik adalah serangkaian pembuluh di seluruh tubuh yang mengalirkan cairan dari jaringan. Bakteri dan mikroba lainnya akan dijemput di cairan limfatik dan terperangkap di dalam kelenjar getah bening, di mana mereka bisa diserang dan dihancurkan oleh sel darah putih. Masalah umum dari sistem limfatik meliputi demam kelenjar, penyakit Hodgkin, edema (pembengkakan) dan tonsilitis.

Iklan