Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Pilihan Terapi Acne Skar


Acne Scar atau skar/jaringan parut akibat jerawat merupakan masalah yang sering dikeluhkan pasien saat datang konsultasi. Terkadang pasien datang masih dalam fase jerawat aktif, dan kadang pasien datang sudah dalam fase bekas jerawat. Dalam fase jerawat aktif, dimana masih ada jerawat (baik yang meradang maupun hanya komedo), bukan merupakan waktu yang tepat untuk mengobati skar. Sebaiknya pengobatan ditujukan untuk mengatasi dan stabilisasi jerawat dahulu. Setelah jerawat teratasi, pasien masuk ke dalam fase bekas jerawat. Di fase ini, sudah tidak ada jerawat lagi, hanya bekas jerawat saja.

Bekas jerawat dapat meliputi bekas warna kemerahan, bekas warna kehitaman, dan skar.
Untuk bekas warna kemerahan terapi terbaiknya adalah laser V-beam, dan untuk bekas warna kehitaman terapi terbaiknya adalah kombinasi krim dengan Chemical Peeling (Office Peeling, BHA, Light Peeling), terkadang Laser Pigmen.

Di artikel ini akan kita bahas yang untuk skar saja ya..

Sebelum memilih jenis terapi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan :

  1. Kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Yang harus diperhatikan : kegiatan sehari-hari banyak terkena panas matahari berlebih , sering diluar ruangan, sering traveling ke tempat yang cuacanya berbeda, harus wajib full make-up setiap hari, harus bertemu klien setiap hari, sering olahraga yang diluar ruangan (basket, diving, dll). Kegiatan-kegiatan ini dapat berpengaruh pada risiko efek samping yang mungkin timbul. Selain itu juga apakah waktu penyembuhan dan kondisi kulit paska tindakan akan mengganggu kegiatan sehari-hari.
  2. Budget vs hasil yang diharapkan. Semua pasien pastinya menginginkan hasil yang seoptimal mungkin dengan biaya se-ekonomis mungkin. Namun tentunya jangan memaksakan untuk melakukan tindakan dengan biaya yang diluar kemampuan hanya demi hasil.
Laser Fraxel
Disadur dari – http-//www.skincentral.com

Berikut adalah berbagai pilihan terapi untuk Acne Scar :

Pilihan 1. Chemical Peeling

Pilihan yang paling simple dan sederhana adalah Chemical Peeling. Untuk khusus masalah acne scar, Chemical Peeling yang sering digunakan antara lain adalah TCA. Peeling dilakukan 4 hingga 8 minggu sekali bergantung kekuatan dan konsentrasi cairan peeling yang digunakan, dan dilakukan sebanyak 4 kali.

Setelah Peeling akan terjadi pengelupasan kulit selama sekitar 1 minggu. Kemudian akan tumbuh lapisan kulit baru dengan kolagen baru, sehingga diharapkan perlahan-lahan skar akan naik dan memudar.

Hasil perbaikan skar dengan Peeling tidak sebaik terapi lain yang akan kita bahas disini, namun cukup memberikan perbaikan. Perbaikan yang diharapkan dengan 4x Peeling berkisar 20-30%.

Pilihan 2. DermaRoller atau DermaPen

Pilihan berikutnya adalah dengan DermaRoller (Collagen Induction Therapy) atau DermaPen. Kedua terapi ini menggunakan jarum-jarum kecil yang khusus ditujukan untuk skar. Tindakan dilakukan 1-2-4 minggu sekali sebanyak 5 kali.

Tiap kali pengerjaan, kulit diarea skar yang dikerjakan akan tampak merah, umumnya berlangsung sekitar 3-5 hari. Diharapkan terjadi proses pembentukan kolagen baru yang akan memudarkan skar yang ada.

Perbaikan yang diharapkan lebih baik dari hasil dengan Peeling, walaupun masih tidak sebaik hasil dengan Laser. Hasil perbaikan skar yang diharapkan berkisar 30-50%.

Pilihan 3. Laser Fraxel dan Smartxide

Handpiece Laser Smartxide

Pilihan selanjutnya adalah Laser. Ada 2 Laser yang sering saya gunakan untuk terapi Acne Scar, yaitu Fraxel dan Smartxide. Bahasan lanjut mengenai kedua laser ini silakan dibaca di sini ya..

Smartxide

Fraxel

Tindakan dilakukan sekitar 4 – 6 kali dengan jarak 1 bulan sekali. Tiap kali setelah tindakan, kulit wajah akan tampak merah, berkisar 1 minggu. Energi laser yang masuk ke dalam kulit akan merangsang pembentukan kolagen baru yang akan memperbaiki skar yang ada.

Hasil perbaikan terapi dengan Laser adalah yang paling baik dibandingkan terapi lain. Perbaikan yang diharapkan adalah berkisar 50-70%.

Nah, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman dalam memilih terapi yang tepat untuk acne scar ya..

Salam kulit sehat..

Referensi : http://kulitsehatku.blogspot.co.id/2013/07/pilihan-terapi-acne-skar.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s