Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Bolehkah Menggunakan Scrub Saat Berjerawat ?


BOLEHKAH MENGGUNAKAN SCRUB SAAT BERJERAWAT

Salah satu langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah dengan menggunakan scrub. Scrub bertujuan untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit. Pada scrub, butiran-butiran yang terasa lebih kesat dibandingnkan dengan sabun biasa, bekerja megelupaskan sel-sel kulit mati yang ada pada kulit.

Pada saat melakukan scrubing, kita akan merasakan butiran-butiran dalam scrub mengenai kulit kita, terkadang rasanya memang agak sakit. Lalu, bagaimana dengan anda yang sedang memiliki jerawat, apakah perlu dan boleh malakukan scrubing?

Sangat Perlu

Bila selama ini anda menganggap kulit berjerawat tidak boleh discrub, maka anda salah besar. Kulit yang berjerawat justru membutuhkan perawatan ini agar sel-sel kulit mati tidak menumpuk.

Sebab, salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah penumpukan sel kulit mati. “Tidak apa-apa, karena jerawat itu salah satu penyebabnya adalah karena hiperkeratinisasi dari kulit yaitu penumpukan sel-sel kulit mati,” kata dr. Sri Hartanti, dokter spesialis kulit. Proses penumpukan sel-sel kulit mati ini terjadi sangat cepat, oleh sebab itu kita perlu menggunakan scrub agar tidak terjadi penumpukan sel kulit mati yang bisa menutup pori.

Gunakan Dengan Lembut              

Tekstur dari scrub yang agak kasar terkadang memang cukup membuat kulit terasa sakit bila kita menggunakannya terlalu keras, terutama bagi kulit yang berjerawat. Oleh sebab itu gunakanlah scrub di sekitar wajah yang berjerawat dengan lembut.

“Bagian berjerawatnya tidak usah discrub, tapi bagian disekitarnya itu harus discrub dengan lembut,” kata dr. Sri Hartanti.

Menurut dr. Sri Hartanti kebanyakan orang salah kaprah kalau jerawat pecah akan menular sehingga jerawatnya akan bertambah banyak. “Itu juga salah satu yang membuat mereka takut melakukan scrubing,” kata dia.

Nah, sekarang sudah mengerti kan kalau pengelupasan (scrub) merupakan salah satu perawatan dasar yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat?  Selain itu, scrub juga bisa mengangkat kotoran-kotoran yang tidak bisa dibersihkan oleh pembersih atau sabun biasa.

Referensi :

http://www.ristra.co.id/blog/skin-corner/beauty-recommendation/bolehkah-menggunakan-scrub-saat-berjerawat/

Iklan