Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Tips Agar AC Tak Membuat Kulit Kering


Basic RGB

Air Conditioner atau AC merupakan benda yang sangat dekat dengan kita. Hampir semua gedung pertokoan, kantor, rumah sakit, bahkan sekolah menggunakan AC disetiap ruangannya. Dengan cuaca di Indonesia yang cukup panas ini, AC sangat bermanfaat untuk mendinginkan suhu sehingga kita merasa nyaman.

Namun, ternyata diam-diam AC  juga memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan kulit kita. Penggunaan AC yang terus menerus dapat menimbulkan masalah bagi kulit dan rambut.

Menyerap Kelembaban

Mengapa AC dapat merusak kulit dan rambut? AC bekerja menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangan, dalam udara dingin yang disebarkan tersebut mengandung udara yang dapat menyerap kelembaban di dalam ruangan tersebut, termasuk dari kulit kita. Itulah yang menyebabkan kulit menjadi kering bila berada di ruangan ber AC, apalagi bila kita tidak menggunakan perlindungan seperti pelembab untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.

Tips dan Trik

Lalu apa yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat meski sering berada di ruangan ber AC? Berikut tipsnya!

  1. Minimalisir Penggunaan AC

Gunakanlah AC jika anda sedang berada di kantor saja dan tidak untuk dirumah, atau sebaliknya. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi paparan udara dari AC pada kulit kita sehingga kulit akan terhindar dari kering dan pecah-pecah.

  1. Gunakan Pelembab

Penggunaan pelembab ini mutlak harus anda lakukan bila ingin kelembaban kulit anda terjaga meskipun berada di ruangan ber AC. Pelembab dapat membantu anda menjaga kadar air dalam kulit sehingga tidak kering akibat diserap oleh AC. Penggunaan pelembab wajah secara rutin dapat sebagai pencegahan kulit mengalami penuaan dini Gunakan pelembab di seluruh wajah anda. Pastikan pelembab yang anda gunakan cocok untuk jenis kulit anda. Selain itu, jangan lupa memilih pelembab yang aman bagi kulit untuk menghindari terjadinya iritasi atau masalah kulit lainnya.

  1. Banyak Minum Air Putih

Paparan AC terus menerus membuat cairan di dalam tubuh berkurang, hal ini sering membuat orang menjadi dehidrasi. Akibatnya kulit menjadi kering dan seringkali pecah-pecah. Oleh karena itu, biasakanlah banyak minum air putih walaupun anda tidak merasa haus.

  1. Sediakan Semangkuk Air dalam Ruangan

Sediakanlah mangkuk yang berisi air, dan taruhlah di dalam ruangan yang ber-AC. Hal tersebut dilakukan karena penyejuk ruangan menarik kelembaban dari ruangan, mangkuk yang berisi air ini berfungsi untuk meredam dampak pengeringan pada kulit saat anda berada di dalam ruang yang ber-AC.

Itu tadi beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk mencegah kulit anda menjadi kering karena sering berada di ruangan ber AC. Selamat mencoba!

Referensi :

http://www.ristra.co.id/blog/skin-corner/beauty-recommendation/tips-agar-ac-tak-membuat-kulit-kering/

Iklan