Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Ini Dia Resep Perawatan Rambut Rontok


ini-dia-resep perawatan-rambut-rontok

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, itulah sebabnya rambut harus dirawat dengan baik dan benar.  Layaknya kulit, rambut juga bisa mengalami beberapa masalah, misalnya rambut rontok, bercabang, kering, pecah-pecah, atau berketombe. Pada artikel ini kita akan bahas bagaimana perawatan rambut rontok.

Salah satu keluhan yang paling banyak dialami adalah rambut rontok. Sebenarnya setiap harinya memang ada beberapa lembar rambut yang rontok tapi kalau jumlahnya sudah berlebihan, mungkin anda harus mulai mereview perawatan serta perlindungan yang anda berikan pada rambut dan kulit kepala anda. Pada dasarnya,untuk menangani masalah rambut rontok kita perlu mengetahui apa penyebabnya. Berikut beberapa tips yang berguna untuk perawatan rambut rontok.

Perawatan Rambut Rontok

1. Jaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Cucilah rambut dan kulit kepala secara teratur dengan menggunakan shampo dan conditioner yang baik, tidak membuat kulit kepala iritasi serta mempunyai keasaman yang seimbang. Untuk rambut kering, cucilah 3-5 hari sekali karena kulit kepala tidak begitu banyak mengeluarkan minyak (sebum). Untuk rambut yang cepat kotor dan lengket, cucilah 2-3 hari sekali.

2. Sisir Rambut Setiap Hari

Rambur yang tidak disiri dengan rapi atau rambut yang kusut dapat memberikan efek yang buruk. Baik dari segi penampilan maupun dari segi kesehatan rambut. Sisirlah rambut dengan sikat atau sisir yang lembut dan aman untuk kulit kepala anda yaitu sisir yang tidak rapat, tidak tajam dan tidak kasar sisinya sehingga tidak melukai kulit kepala serta menarik rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

3. Gunakan Tonik rambut Setiap Hari

Untuk menyehatkan akar rambut dan kulit kepala, gunakan tonik rambut 1-2 kali setiap hari. Hal itu akan membantu mengurangi kerontokan rambut. Gunakan hair tonic dengan cara aplikasi massage atau mengurut kulit kepala, dimaksudkan untuk memperlancar peredaran darah ke kulit kepala dan akar rambut. Gunakan ujung-ujung jari untuk mengurut kulit kepala. Jika kuku jari tangan panjang, hati-hatilah agar kuku tidak melukai kulit kepala. Jangan sampai ada rambut yang terdorong terlalu kuat hingga tercabut dari akarnya. Bagi anda yang sedang mengalami kerontokan hebat, lakukan pemijatan dengan lembut.

4. Jangan Menghambat Peredaran Darah ke Kulit Kepala dan Akar Rambut.

Akar rambut memperoleh makanan melalui darah yang mengalir dalam kulit. Jika peredaran darah terhambat atau terganggu maka dapat membuat rambut menjadi rusak dan tidak sehat. Salah satu perilaku yang dapat menghambat peredaran darah ke kulit kepala adalah menggunakan ikat kepala atau topi yang terlalu ketat atau menggunakan penggulung rambut sepanjang hari.

5. Hindari Kelembaban Rambut dan Kulit Kepala

Rambut dan kulit kepala yang lembab dan panas dapat merangsang tumbuhnya jamur dan sejenisnya. Oleh karena itu, khususnya bagi para wanita yang menggunakan jilbab hendaknya menghindari kelembaban rambutnya dan berikan nutrisi yang cukup untuk rambut dan kulit kepala. Dapat juga dibantu dengan memilih produk shampoo atau hair tonic yang mempunyai daya cooling sensation, hal ini dapat memberikan efek segar dan dingin pada kulit kepala.

6. Pintar-Pintarlah Memilih Gaya Rambut

Demi kesehatan rambut serta kepantasan model rambut sehingga tidak tampil aneh atau norak, hati-hatilah dalam mencari model rambut. Usahakan memilih model rambut yang tidak hanya cocok untuk wajah tapi juga tidak merusak rambut dan mengganggu perederan darah ke kulit kepala dan akar rambut. Hati-hatilah dengan bahan-bahan pembentuk rambut seperti foam, hair spray, styling, mousse, obat pengering, dan pelurus rambut.

7. Bijaksanalah dalam menyusun menu makanan.

Patuhilah susuanan makanan yang baik dari Departemen Kesehatan yaitu “Tumpeng makanan seimbang .” Karena, di dalam susunan makanan itu, sudah terkandung protein, karbohidrat, sedikit lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut. Hindari makanan yang terlalu berlemak karena akan mempengaruhi kulit menjadi berminyak, baik kulit kepala maupun kulit badan. Selain itu, perbanyaklah minum air putih terutama saat bangun tidur di pagi hari. Kurangi konsumsi makanan kaleng,keju, dan es krim karena mengandung pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

Referensi :

http://www.ristra.co.id/blog/skin-corner/beauty-recommendation/ini-dia-resep-perawatan-rambut-rontok/

Iklan

One thought on “Ini Dia Resep Perawatan Rambut Rontok

  1. Dok, vitamin atau nutrisi apakah yang dapat mengurangi kerontokan rambut. Saya adalah ibu menyusui dengan kerontokan fambut yang cukup parah. Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s