Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Pentingnya penggunaan Sunblock secara tepat


Seringkali saya mendapat pertanyaan dari pasien, “Dok, sebaiknya sunblock dengan SPF berapa yang saya gunakan dok? Makin tinggi makin baik ya dok? “

Penilaian saya, tampaknya pasien sebagai konsumen sangat terpaku dengan angka SPF (Sun Protection Factor) yang tercantum di kemasan sunblock. Dahulu rata-rata sunblock mencantumkan SPF 15 atau 30. Kini makin banyak sunblock yang mencantumkan SPF tinggi. Semakin tinggi angka nya, misal 50 atau 80 maka pasien merasa semakin baik.
Kenyaataannya sebetulnya tidaklah demikian.
Berdasarkan penelitian klinis, sunblock dengan SPF 15 sudah mampu memblokir sekitar 93-95% dari sinar Ultraviolet. Begitu SPF nya dikalikan 2x, menjadi SPF 30, bukan berarti mampu memblokir 100%. Sunblock dengan SPF 30 mampu memblokir sekitar 95-97% dari sinar Ultraviolet. Berarti hanya naik 2-4% dari SPF 15.
Nah begitu angka SPF melejit menjadi tinggi, bukan berarti juga mampu memblokir 100%.
Maka, saya selalu menyarankan pasien, bahwa sunblock dengan SPF minimal 30 sudah cukup untuk digunakan. Selain itu yang penting diperhatikan adalah :
– Pemilihan jenis pembawanya
Misalnya krim, lotion, spray atau lainnya. Makin pekat tentunya makin baik, Tapi sesuaikan juga dengan area kulit dan jenis kulit.
– Jumlah aplikasi.
Jumlah aplikasi yang tidak sesuai (terlalu sedikit) akan menurunkan angka SPF. Maka gunakan sunblock dengan ketebalan sesuai dengan petunjuk.
– Waktu penggunanan.
Sunblock sebaiknya digunakan 30 menit sebelum terpapar sinar Ultraviolet supaya efektif.
– Aplikasi ulang.
Bila sering berkeringat, sebaiknya sunblock diulang pemakaiannya setelah 2-4 jam. Namun bila tidak berkeringat, dapat diulang setelah 4-6jam. Kecuali jika menggunakan sunblock yang water atau sweat resistant tentunya…
Demikian sedikit tips tentang penggunaan sunblock..
Mudah-mudahan berguna ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s