Apotek Miami (Minimarket Vegan) – Satyawira Medical Center

I. Dokter Umum II. Akupunktur Medik III. Skin & Slimming Care IV. Program Pencegahan & Pemulihan Penyakit V. Lymphedema Center Indonesia VI. Catering Pencegah Penyakit VII. PIRT Kuartet Nabati VII. Pusat Makanan Sehat Organik & Natural

Perawatan Khusus Bagi Kulit Berminyak


perawatan-khusus-bagi-kulit-berminyak

Kulit dengan tipe berminyak memerlukan perawatan khusus. Ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan untuk tipe kulit ini. Tipe kulit beminyak ditandai dengan kulit yang mengkilap, kusam, dan warna kulit terlihat mencolok. Kalau anda memiliki kulit berwarna gelap maka akan terlihat semakin gelap, begitu pula dengan kulit putih, maka akan terlihat putih mengkilap.

Kenapa begitu? Karena produski kelenjar minyak pada kulit wajah sangat aktif sehingga minyak yang banyak tersebut membuat kulit tampak mengkilap. Biasanya orang yang memiliki kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar.  Kulit berminya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor gen keturunan, kondisi cuaca, kebersihan kulit, dan makanan (meskipun pengaruh makanan masih menjadi perdebatan).

Tipe kulit seperti ini sangat mudah berjerawat atau berkomedo. Karena debu-debu atau kotoran halus lainnya mudah sekali menempel pada kulit dikarenakan berminyak dan berpori-pori besar.  Untuk mencegah timbulnya jerawat dan komedo, berikut beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

  • Mencuci Wajah. Cucilah wajah anda maksimal 2x sehari yakni saat pagi hari dan malam hari atau setelah beraktifitas diluar ruangan. Gunakanlah facial foam yang memang difungsikan untuk kulit berminyak. Sebelum membeli tidak salah jika kita memperhatikan komposisi pada produk, sebaiknya pilihlah sabun yang tidak mengandung banyak bahan kimia, seperti alcohol. Alcohol justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah.
  • Pelembab Wajah. Setelah mencuci wajah, gunakanlah pelembab atau tabir surya sebelum kamu memulai aktifitas diluar ruangan. Untuk tipe pelembab gunakanlah yang berbahan alami, tentunya pilihlah pelembab yang seusai dengan kulit berminyak. Sedangkan untuk tabir surya, gunakan tabir surya yang mengandung SPF 17. SPF dengan angka 17 merupakan kandungan SPF yang cocok dan sesuai dengan kulit orang Asia/ Indonesia. Jika SPF yang digunakan berlebihan justru akan menyebabkan kulit kamu menjadi gelap.
  • Diet. Lakukanlah diet dengan cara atur pola makan anda. Makanlah makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin, seperti sayuran dan buah-buahan. Kurangi atau bahkan berhenti mengkonsumsi fast food, protein hewani dan lemak . Selain itu jangan lupa juga lakukanlah olahraga secara rutin.

Referensi :

http://www.ristra.co.id/blog/skin-corner/beauty-recommendation/perawatan-khusus-bagi-kulit-berminyak/